Deldom-Ciamis-300x225 INFO RAMADHAN  Deldom Taman Raflesia Ciamis Masih Memikat Untuk Ngabuburit

Gapura Ciamis ,- Setiap datang bulan suci Ramadhan, pemandangan menarik diseputar kawasan taman Raflesia puat Kota Ciamis, Jawa Barat, selalu marak dihiasi dengan kehadiran Dedom atau delman Domba, sebuah moda Transportasi unik yang selalu menarik untuk hiburan anak-anak ataupun orang tua yang kebingungan ngabuburit sambil membawa main buah hatinya.

Dengan menumpangi Deldom siapapun terutama anak-anak dapat mengelilingi taman Raflesia Ciamis sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa.

Deldom adalah delman berukuran kecil yang ditarik seekor domba Garut yang telah terlatih dan mampu menarik beban delman berukuran kecil serta berpenumpang beberapa orang anak kecil.

Kehadiran Deldom di taman Raflesia ini telah menjadi primadona transportasi untuk wahana bermain anak sambil menunggu waktu berbuka puasa. Sejauh ini deldom tercatat yang pertama kali ada dan dikembangkan didaerah Ciamis da kemudian beberapa daerah lainnya menirukannya seperti disejumlah objek wisata baik di bandung maupun di Garut.

Para pengguna jasa Deldom ini ternyata tidak hanya Warga Kabupaten Ciamis semata, namun sejumah warga lainnya seperti warga Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar rela datang ke Ciamis hanya untuk mengajak anak-anaknya berkeliling dengan menaiki Deldom ditaman Raflesia.

“peminatnya cukup banyak dan tidak hanya warga Ciamis tapi juga ada warga tasik dan Banjar biasanya juga sengaja datang untuk menaiki Deldom kami”, Kata Iskandar salah seorang pemilik Deldom dikawasan taman raflesia saat ditemui, Selasa (23/6/2015).

Namun menurut Iskandar, seiring perkembangan jaman, kini jasa permainan anak ini mulai tergeser oleh moda transportasi modern lain seperti mobil gowes dan permainan sejenis lainnya yang mulai marak dalam dua tahun terakhir di taman Raflesia.

“Sekarang sudah mulai tergeser oleh mainan anak yang lainnya, sehingga Cuma tinggal 6 buah Deldom yang masih beroperasi, padahal dulu cukup banyak”, Ungkapnya.

Meski tersaingi moda transportasi mainan modern lainnya, sejauh ini Deldom masih tetap memikat hati masyarakat terutama anak-anak yang memanfaatkan waktu sore hari menjadi ajang ngabuburit selama bulan suci ramadhan.

“Untuk anak-anak yang ngabuburit, Deldom kami menjadi favotirnya, mungkin selain harganya juga murah, anak anak yang sedang belajar puasa pun sangat terhibur saat diajak berkeliling naik Deldom karena mereka serasa langsung menjadi kusirnya”. Papar Iskandar***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang