curuluk-300x223 INFO RAMADHAN  Penjualan Kolang Kaling Ramadhan Tahun ini Lesu

Gapura Garut ,- Berbagai makanan khas  Bulan Suci Ramadhan yang biasanya mencapai puncak keramaiannya selama bulan Ramadhan adlah buah kolang kaling. Buah yang berbentuk lonjong dan berwarna putih serta berasa kenyal jika dikunyak tersebut,  sering diolah menjadi bahan dasar kolak, es campur atau manisan kolang-kaling.

Biasanya hampir dapat dipastikan sepanjang bulan Ramadhan permintaan buah kolang kaling ini mengalami kenaikan siginifikan.

Pada bulan Ramadhan kali ini sejumlah pedagang kolang-kaling mengaku mengalami penurunan omset penjualannya jika dibandingkan bulan ramadhan sebelumnya. Penurunan omset penjulan diperkirakan lantaran persaingan bisnis buah kolang kalng yang sangat ketat dengan makin banyaknya para penjulan terutama para pedagang musiman yang mendadak menjulan kolang kaling meski pada hari hari biasanya tidak pernah menjualnya.

Menurut Neneng (43) salah seorang penjual kolang-kaling di Pasar Guntur Ciawitali Garut mengatakan omset penjualan kolang-kaling pada bulan Ramadhan kali ini dirasakan mengalami penurunan cukup besar.

“Pada Ramadhan tahun ini mengalami penurunan cukup besar mungkin selain banyaknya para penjual juga faktor ekononomi masyarakat yang mengalami penurunan kemampuan daya beli akibat harga-harga sembako melonjak tinggi sehingga kolang kaling tidak lagi menjadi prioritas untuk membelinya”. Kata Neneng saat ditemui, Rabu (8/7/2015).

Neneng menambahkan pada bulan ramadhan tahun sebelumnya Ia masih dapat menjual kolang kaling hingga 5 sampai 6 kwintal selama bulan ramadhan.

“Ramadhan tahun ini  menjelang lebaran yang tinggal seminggu lagi saya baru dapat menjual kolang kaling sekitar 1 sampai 2 kwintal saja, pokoknya menurun derastis untuk tahun ini”, Ungkapnya.

Neneng juga mengaku pesimis jika stock kolang kaling yang masih tersisa dikiosnya akan laku terjual habis mengingat bulan ramadhan sudah masuk diminggu terakhir menjelang lebaran.

“dari Stock kami yang 1-2 kwintal kolang kaling masih belum tentu laku terjual 100% dan jika melihat kondisi seperti ini kayaknya tidak akan habis terjual semua”. Imbuhnya.***smkteam

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang