pecihfgfg-300x169 INFO RAMADHAN  Ramadhan 1437 H, Pengrajin Peci Garut Kembali Untung

Para pengrajin Peci di kampung Balariuk saat membereskan peci yang siap dipasarkan foto idrus

Gapura Garut ,- Berkah bulan suci Ramadhan  bagi pengrajin peci di Kampung Bariluk Desa Cintakarya,  Kecamatan Samarang kabupaten Garut benar-benar dirasakn mereka. Order yang melimpah membuat seluruh pengrajin tampak semakin semangat menyelesaikan masing-masing pekerjaannya.

Para pengrajin mengakui selama bulan Ramadhan mereka dapat meraih keuntungan hingga 75 persen dari penjulan di bulan-bulan biasnya karena tingginya permintaan pasar.

“Ramadhan memang bulan yang paling kami tunggu-tunggu selain untuk beribadah, juga untuk peningkatan usaha kerajinan peci memang biasanya selalu mengalami kenaikan baik order maupun keuntungan”, Kata Abad, salah seorang penrjain peci Kampung bariluk saat ditemui, Rabu (15/6/2016).

Menurut Abah,  usaha rumahan pembuatan peci yang ia tekuni selama ini adalah usaha yang memberinya mata pencaharian yang bisa menghidupi tidak hanya dirinya dan keluarganya melainkan juga para saudara dan tetangganya yang juga ikut bekerja sebagai pengrajin.

“Ini memang sumber mata pencaharian sehari-hari kami disini. Saya dalam satu hari bisa meraih keuntungan  hingga satu juta rupiah dari  berbagai pesanan  jenis peci yang kami terima, mulai dari peci rajutan hingga peci berbahan dasar kain bordiran”, Ungkapnya.

Untuk harga jual setiap satu  buah peci, kata Abad, Ia menjulanya mulai harga  tiga ribu rupiah  hingga  harga tertinggi mencapai  60 ribu rupiah.

“Untuk harga memang terhantung  jenis dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya”, Ucapnya.

Abad menambahkan, berdasarkan perhitungan dirinya peningkatan memang selalu terjadi pada bulan Ramadhan karena peci yang yang ia produksi selalu menjadi trend dikalangan pemakainya pada bulan Ramadhan.

“Ini sebagian besar saya kirim ke Surabaya hampir 90 persena, rata-rata dalam sehari saya biasa kirim 400 kodi dan yang paling diminati dari  22 jenis peci yang saya produksi, model sablonan paling banyak dipesan”, Tuturnya.***Drus

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang