DSC1121-300x201 SENI & HIBURAN  Tradisi Ronggeng Amen Masih Menyita Antusia Warga Kota Banjar

Warga Banjar antusias menikmati acara hiburan ronggeng amen, poto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Tradisi Ronggeng Amen ternyata masih mampu menyedot perhatian ratusan warga Kota Banjar, Jawa Barat. Ratusan warga benar-benar sangat menikmati pentas ronggeng amen yang digelar pada Sabtu (29/8/2015) malam dalam rangka memeriahkan  HUT RI ke 70.

Acara yang digagas oleh Forum Komunikasi Warga Terminal Banjar (FKWTB) ini benar-benar mampu menghidupkan suasana hiburan bagi warga sekitar.  Berlangsung di areal terminal Bus Kota Banjar, ratusan warga dari empat kecamatan sangat antusias datang untuk menyaksikan dan menikmati hiburan tradisional tersebut.

Tidak hanya sebagai penonton, sebagian masyarakat ini juga ikut larut menari mengikuti irama alunan musik tradisional mengelilingi empat ronggeng yang berada ditengah-tengah pentas.

Baik kalangan orang tua maupun muda, tumpah ruah dalam helaran seni budaya ini. Tidak hanya warga Banjar saja, dari luar kota Banjar pun banyak yang datang diantaranya dari Ciamis, Banjarsari, dan Pangandaran.

Menurut Dalijo (50) selaku ketua FKWTB mengatakan, bahwa kegiatan ronggeng ini digelar untuk melestarikan seni dan budaya tradisional sunda.

“Kami sengaja menggelar kegiatan sebagai bentuk “ngamumule”. Udaya tradisional sunda, sehingga budaya tradisional seperti ronggeng ini tidak punah dan dapat terus dilestarikan,”ujarnya disela-sela kegiatan.

Dalijo menambahkan, dirinya akan terus menggelar acara kegiatan kesenian sunda. Hal itu dilakukan karena minat para kaum muda terhadap seni tradisional mulai sedikit memudar.

“Kami akan terus menggelar kegiatan kesenian budaya sunda, sehingga nantinya para generasi muda tidak terkontaminasi oleh budaya barat, dan lebih mencintai seni budayanya sendiri,”pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang