kota_banjar-300x196 SENI & HIBURAN  Warga Setuju, Gelar Kegiatan Seni Rutin di Taman Kota Banjar

Gerbang masuk kota banjar, foto istimewa

Gapura Kota Banjar – Warga masyarakat Kota Banjar menyetujui  wacana untuk menjadikan Taman Kota sebagai lokasi kegiatan seni yang dilaksanakan rutin setiap seminggu sekali. Warga setuju karena  berbagai kegiatan seni yang rutin dapat memberikan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung bagi warga masyarakat.

“Warga setuju saja nantinya keberadaan Taman kota bakal semakin ramai dan memberikan dampak langsung kepada para pedagang jika keramaian terus menerus terusat di Taman Kota ini”, Kata Sudiono, ketua RW 06 Parunglesang Kota Banjar baru-baru ini.

Menurutnya selama penataan dan pengaturannya tertib dan bagus kegiatan kesenian di Taman Kota akan memberikan hiburan tersendiri bagi warga masyarakat sekitarnya.

Nada yang sama juga disampaikan Juju Juanda (46) seorang juru parkir di Taman Kota. Ia mengatakan setuju dengan adanya wacana bahwa Taman kota setiap seminggu sekali diadakan kegiatan pentas seni.

“Jika benar, pasti akan ramai dan pengunjung Tamkot pasti membludak, sehingga masyarakat Banjar pun tidak perlu jauh-jauh pergi mencari hiburan ke luar kota,”ucapnya.

Boni (40) selaku pelaku seni Kota Banjar mengatakan, bahwa dengan adanya panggung permanen di Tamkot dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seni, sehingga tidak mubazir dan para seniman-seniman muda Kota Banjar dapat mengekspresikan serta menuangkan kemampuannya dalam berkesenian.

“Kota Banjar  punya dua panggung permanen yakni di Taman Kota dan Alun-alun Langensari, nah jika kedua aset tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan seni modern maupun tradisional setiap malam Minggu seperti band,  dance, tari-tarian tradisional, reog, calung, dan kegiatan seni lainnya, maka masyarakat pun pasti akan terhibur,”Ujarnya.

Boni berharap Pemerintah dan para seniman yang ada di Kota Banjar dapat benar-benar bersinergi, sehingga mereka dapat bermain seni sesuai dengan kesenian yang mereka bawakan, dan punya nilai jual masing-masing.

“Kepada Pemerintah, tolong para seniman yang ada di Kota Banjar diberdayakan, sehingga mereka bisa eksis terus dan mempunyai nilai jual dari hasil karya-karyanya,”harapnya.

Sementara itu Aco Karso selaku Kasi Seni dan Film di Bidang Kebudayaan mengatakan, bahwa dirinya pun setuju jika Taman Kota sering diadakan kegiatan seni dan budaya. Menurutnya Taman Kota merupakan sebuah tempat yang multifungsi, selain dapat memperindah kota, Taman Kota Juga dapat berfungsi sebagai lahan hijau dan juga tempat untuk melakukan hal-hal yang positif bagi masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan seni dan budaya di Taman Kota, maka masyarakat dapat menghabiskan waktunya disana tanpa harus menghamburkan banyak uang,”ujarnya.

Aco menambahkan, dengan adanya panggung permanen di Taman Kota, setidaknya dapat digunakan oleh para musisi dan para seniman lokal yang ingin mempertontonkan hasil karyanya pada masyarakat. Sehingga para seniman Banjar akan tergugah kembali dan semangat kembali untuk menuangkan kreatifitasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang