MG_1703-300x200 SENI & HIBURAN  Ribuan Warga Tumpah Ruah Saksika Helaran Seni HUT Kota Banjar Ke 14

Rombongan seno Calung turut memeriahkan helaran seni HUT Kota Banjar ke 14. foto hermanto

Gapura Kota Banjar , – Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat  melalui bidang Kebudayaan, menggelar helaran seni, dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Banjar yang ke 14 tahun 2017 disepanjang Jalan Letjen Soewarto, Rabu (22/2/2017).

Diatas panggung kehormatan menyaksikan dengan seksama Walikota dan Wakil Walikota serta  seluruh unsur Muspida Kota Banjar, para kepala SKPD, Ketua DPRD Banjar, juga para tamu undangan dan masyarakat umum lainnya yang tumpah ruah memenuhi pinggir jalan yang menjadi lokasi helaran tersebut.

Sejak pagi, warga sudah memadati lokasi helaran. Sekitar 25 kelompok seni dari Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Banjar serta ditambah dua peserta seni dari Kabupaten Pangandaran dan Ciamis ikut sebagai peserta. Dari Kabupaten Pangandaran membawakan seni Badud dan dari Ciamis membawakan kesenian Bebegig.

Iring-iringan peserta lain pun menyuguhkan berbagai kesenian dan atraksi. Kesenian yang ditampilkan oleh para pelaku seni baik dari desa maupun Kelurahan di Kota Banjar, menarik ribuan warga yang tumpah ruah turun memadati pinggir jalan sepanjang rute yang dilewati iring-iringan peserta helaran.

Sejumlah atraksi kesenian seperti seni  manuk Janur, sisingaan, dan berbagai kesenian lainnya ikut memeriahkan kegiatan ini. Selain itu juga dipamerkan berbagai produk olahan makanan khas masing-masing desa dan keluarahan.

“Ini sangat menghibur, selain itu saya pun jadi tahu apa saja yang menjadi unggulan produk atau seni unggulan dari masing-masing desa maupun kelurahan,” ujar Anang Rahmat (36) warga Jelat, Pataruman.

Kepala Seksi  Kesenian, Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, Aco Karso yang juga ketua pelaksana helaran mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan karya dan kreasi seni yang ada di Kota Banjar serta menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk untuk meningkatkan kreasi seni, selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan budaya kita,”ujarnya.

Sementara itu, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih menyampaikan ucapkan terimakasih kepada seluruh pendukung kegiatan  sehingga helaran seni dan Budaya tersebut dapat terselenggara dengan lancar.

“Saya mengucapkan  terimakasih banyak atas dukungan dari semua elemen masyarakat Kota Banjar. Dimana dengan modal kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat, kini Kota Banjar menginjak usia ke 14 tahun, walaupun usianya masih terbilang muda, namun Kota Banjar berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, baik di tingkat provinsi maupun Nasional,”ucapnya.

Ade  manambahkan, semua raihan prestasi ini, semakin menegaskan eksistensi Kota Banjar dimana telah mampu sejajar dengan kota atau daerah lainnya khususnya di Jawa Barat.

Dalam Helaran Seni tahun ini Kelurahan Muktisari tampil sebagai juara 1, untuk juara 2 diraih Kelurahan Karangpanimbal, dan juara 3 Desa Balokang.

Untuk juara harapan 1 diraih Kelurahan Pataruman, juara harapan 2 Desa Karyamukti, dan juara harapan 3 diraih Kelurahan Mekarsari.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang