IMG-20170729-WA0026 SENI & HIBURAN  Garut Kembali Gelar Festival Musik Kolaburasi Etnis Se-Jawa Barat

Penampilan kelompok musik asal Kota Banjar di Kolaburasi Music Etnis, foto Hermanto


Gapura Garut – Setelah sukses di tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Garut kembali menggelar kegiatan Festival Musik Kolaburasi Etnis Tingkat Jawa Barat selama tiga hari,  Kamis-Jum’at-Sabtu (27-28-29/7/2017). 

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini dalam rangka Pelestarian dan Pemberdayaan Seni Tradisional di Jawa Barat.

Kegiatan bertema “Hidupkan Musik Dalam Jiwamu” ini digelar di Lapang Korem 062 Tarumanagara. Kegiatan ini pun merupakan kegiatan yang ke XI (sebelas) dari tahun 2007 hingga sekarang.

Para peserta yang mengikuti festival tersebut terdiri dari 29 grup etnis dari berbagai kota maupun kabupaten yang ada di Jawa Barat. Seperti diantaranya, Kota Banjar, Kabupaten Garut, Ciamis, Pangandaran, Bogor, Bandung, Purwakarta, Cianjur, Tasikmalaya, serta kota dan kabupaten lainnya. Para peserta terdiri dari grup atau lingkung seni, sanggar seni perguruan tinggi, dan komunitas perwakilan dari kota maupun kabupaten di Jawa Barat.

Ketua panitia acara, Wawan Somarwan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni tradisional yang disatupadukan dengan musik modern, sehingga melalui seni musik kolaburasi ini dapat tersalurkannya aktivitas dan kreativitas para seniman.

“Tujuannya salah satu upaya untuk pelestarian, pembinaan, pengembangan, dan pemberdayaan musik tradisional yang dikolaburasikan dengan musik modern. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi antar seniman se Jawa Barat,” terangnya disela-sela acara.

Ia menambahkan, para peserta yang ikut dalam festival ini pun dinilai oleh lima orang dewan juri yang terdiri dari para ahli dibidangnya. 

“Kelima dewan juri ini kami ambil dari kalangan musisi, akademisi, produser, dan kritikus seni,” imbuhnya.

Masih kata Wawan, kelima dewan juri tersebut yakni Adjie Sapoetra, Dr. Suhendi Afriyanto, Mohamad R Rudiana, Drs. Budi Gunawan (Budi Dalton), dan Agus Azis (Dosen STM Bandung). Para peserta nantinya akan bertanding untuk memperebutkan piala Gubernur Jawa Barat dan cendera mata dari Bipati Garut.

Kejuaraan akan diambil lima grup besar yang terdiri dari juara I, II, dan III. Sedangkan untuk juara harapan  diambil dua grup yakni juara harapan I dan II.

“Selain itu, bagi pemenang pun akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan Bupati Garut,” tuturnya.

Festival Musik Kolaburasi Etnis XI ini pun akan ditutup oleh penampilan bintang tamu dari kalangan artis, yakni Dwiki Darmawan (Krakatau Band)  feat Idea Percusion, Sabtu (29/7/2017) malam.

“Dalam acara penutupan nanti pun kami akan menampilkan artis ibu kota, Dwiki Darmawan bersama Idea Percusions sebagai bintang tamu, sekaligus pengumuman bagi para juara,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang