SOSIAL POLITIK

Bupati Garut : Kepemilikan Aset Pemkab Garut Banyak di Klaim Masyarakat

Bupati Garut Rudy Gunawan, Foto jmb
Bupati Garut Rudy Gunawan, Foto jmb
Gapura Garut,- Bupati Garut Rudy Gunawan mengakui banyak aset milik  negara,  baik aset bergerak maupun tidak bergerak,  seperti berbagai jenis kendaraan dan tanah  yang hilang padahal tercatat dikelola oleh pemerintah Kabupaten Garut.
“Banyak ya jumlahnya ada kendaraan ada juga berupa lahan, makanya kita juga banyak yang bersengketa dengan pihak warga, belum lama ini kita pemda Garut digugat masalah aset lahan yang dugunakan salah satu bangunan sekolah”. Kata Rudy , Selas (21/10/2014).
Rudy menegaskan, mulai tahun ini,  pihaknya terus melakukan inventarisasi aset yang tercatat milik pemerintah baik berstatus milik pemerintah Kabupaten, baik Provinsi maupun pemerintah Pusat.
“Jika sebelum sebelumnya, aset tersebut dikelola oleh masing masing dinas,  namun saat ini untuk pengelolaan aset akan dilakukan satu pintu di Bidang aset yang berada di Dinas Pengelolaan Pendapatan, Keungan dan Aset, sehingga tidak tercecer saat dilakukan inventarisasi terhadap aset-aset  tersebut”. Ungkapnya.
Dalam hal pengawasan terhadap aset-set tersebut,  pemerintah Kabupaten  Garut memiliki Badan Pengawas atau Inspektorat, namun sejauh ini dinilai tidak optimal, menyusul keberadaan Inspektorat daerah hanya berfungsi merekomendasikan terhadap aset yang belum tercatat dari sisi kepemilikanya.
Rudy juga mengakui ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki selama ini menyangkut hilangnya sejulah aset milik pemerintah tersebut.
“ada dua kelemahan yang menyebabkan  hilangnya kepemilikan aset yang dikelola oleh pemerintah kabupaten Garut selama ini, diantaranya tidak tertibnya administrasi sejak periode kepemimpinan Bupati sebelum sebelumnya, dan kedua tidak adanya polical Wil atau kemauan untuk membuat kepastian hukum dengan mensertifikatkan kepemilikan aset-aset tersebut”. Paparnya.***Irwan Rudiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *