SOSIAL POLITIK

Wujudkan Swasembada Pangan, Kodim Ciamis Bantu Bercocok Tanam

Dandim 0613 Ciamis Letkol Infanteri Rudy Jan Pribadi
Dandim 0613 Ciamis Letkol Infanteri Rudy Jan Pribadi

Gapura Ciamis ,- Upaya mewujudkan swasembada pangan nasional sesuai perintah Presiden Joko Widodo, Kodim 0613 Ciamis melakukan penanaman bibit padi dilahan sawah milik warga di kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (26/1/2015).

Kegiatan yang digelar Kodim 0613 Ciamis tersebut juga dihadiri Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin yang juga turut menghadiahkan bibit tanaman kepada kelompok tani yang berada di wilayah tersebut.

Dandim 0613 Letkol Infanteri Rudy Jan Pribadi menyampaikan harapanny dengan adanya gerakan seperti itu akan mengurangi jumlah ketergantungan import bahan makanan dari luar negeri.

“Sesungguhnya kita harus dapat mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap Import dari luar, karena sebenarnya sudah bisa terpenuhi dari produksi dalam negri”. Kata Rudy

Menurutnya bahwa ketersediaan pangan di kabupaten Ciamis sendiri sudah terpenuhi bahkan melebihi kebutuhan warga, namun gerakan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan secara nsional.

“Gerakan ini semata-mata untuk mencapai target kebutuhan secara nasional, olehkarenanya kami akan bekerjasama dengan instansi terkait terutama dinas pertanian guna melakukan hal serupa diseluruh kecamatan di kabupaten Ciamis ini”, Ungkapnya.

Selain melakukan penanaman padi lanjut Dandim Rudy, pihaknya juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal perbaikan maupun pembangunan irigasi yang dapat digunakan untuk mengairi areal pesawahan yang selama ini kekurangan air.

“Program Kodim 0613 sendiri yakni melakukan pencetakan sawah sawah baru guna mengganti sawah yang telah di alih fungsikan agar jumlahnya tidak berkurang”. Imbuhnya.

Rudy berjanji akan serius dalam membantu pemerintah guna meningkatkan swasembada pangan.

“Bukti keseriusan Kodim 0613 dalam menangani swasembada pangan dengan menurunkan semua personil Kodim 0613 jika dibutuhkan dalam setiap penanaman sawah baik milik warga maupun milik pemerintah”. Tegasnya.

Sementara itu Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan langsung kepada masyarakat melalui kelompok tani dengan memberikan sumbangan berupa bibit pohon yang nantinya wajib ditanam oleh masing-masing warga.

“Saya memberikan bantuan bibit pohon ini juga bagian dari upaya mensuksekan program pemerintah daerah dimana kita akan menjadikan kabupaten Ciamis sebagai hutan konservasi yang akan di rencanakan pada tahun 2018 hingga 2019”. Paparnya.***Dedi Kuswandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *