dedi-ciamis-muspida-ciamis-musnahkan-miras-dan-narkotika-008_0001-300x225 SOSIAL POLITIK  Sukseskan Ketahana Pangan Ciamis Sediakan Lahan 5 Ribu Hektar

Gapura Ciamis ,- Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin mengakui pihaknya masih mengalami kesulitan dalam pengadaan lahan atau tanah untuk mensukseskan program ketahan pangan nasional.

“Kendala utama yang kami hadapi untuk penanaman kedelai misalnya terbentur faktor lahan mengingat tanaman kedelai ini memiliki karakteristik khusus yaitu tidak bisa ditanam di pematang sawah, sehingga membutuhkan hamparan tanah yang luas “, Kata Iing disela-sela kegiatan Rapat Koordinasi beserta unsur muspida Ciamis, Jumat (6/2/2015).

Menurutnya pada dasarnya tanah pertanian diwilayah Ciamis sangat cocok jiga ditanami berbagai jenis kacang-kasangan, oleh karenanya guna mensukseskan program tersebut pemda Ciamis berencana akan menyediakan lahan seluas 5 ribu hektare untuk menanam kacang kedelai.

“Untuk pengadaan lahan trsebut kita akan menganggarkan sebesar 9,5 miliar rupiah berasal dari dana bantuan Kementrian Pertanian nantinya”, Ungkapnya.

Iing menambahkan, selain berencana menyediakan lahan pihaknya juga akan berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pertanian, diantaranya dengan menerjunkan para pendamping atau penyuluh lapangan serta menggerakan unsur pemerintah mulai dari tingkat desa supaya memiliki keterampilan membudidayakan kacang kedelai tersebut.

“Semua unsur pemerintahan akan kita libatkan untuk mensukseskan program tersebut, agar program swasembada pangan tercapai”. Pungkasnya.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang