SOSIAL POLITIK

Bupati Apresiasi Pencanangan Swasembada Pangan Oleh Kodim 0611 Garut

DSC_1665

Gapura Garut ,- Program ketahanan pangan yang dicanangkan Kodim 0611 Garut dengan melakukan penanaman jagung di Desa Cinta Damai, Kecamatan Sukaresmi, Rabu (11/2/2015), memdapat apresiasi Bupati Garut Rudy Gunawan.

Menurut  Rudy ketergantungan konsumsi tinggi masyarakat terhadap pangan jenis  padi-padian bisa menjadi salah satu persoalan dalam upaya membangun ketahanan pangan kedepan.

“Ketergantungan itu dapat mengakibatkan rendahnya kualitas kesehatan dan tingginya pola konsumsi tersebut bisa mengakibatkan tingginya resiko terhadap keberlanjutan penyediaanya pangan itu sendiri”.Kata Rudy disela-sela kegiatan tersebut, Rabu (11/2/2015).

Rudy menegaskan saat ini persoalan yang dihapai dalam rangka menjaga ketahan pangan adalah keberadaan  lahan pertanian yang semakin hari semakin berkurang akibat alih fungsi lahan.

“Oleh karenanya, upaya mengurangi ketergantungan terhadap beras melalui penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumber daya lokal menjadi suatu keharusan. kita memiliki keragaman sumber hayati dan memiliki sumber daya alam yang sangat besar, apabila mampu dimanfaatkan secara maksimal tentunya akan mengurangi ketergantungan kita terhadap beras”. Ungkapnya.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *