kambing-etawa-300x201 SOSIAL POLITIK  HKTI Kota Banjar Lakukan Pelatihan Ternak Kambing Ettawa

Gapura Banyumas ,- Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dinas Pertanian Kota Banjar, Jawa Barat pagi, melakukan kunjungan lapangan dan pelatihan pengembangan peternakan kambing Peranakan ettawa (PE) di Desa Gumelar, Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Rabu (18/3/2015).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang merupakan dari kelompok pemuda tani kota Banjar. Pelatihan ini dimulai dari bagaimana cara beternak kambing PE, mulai dari cara memberi pakan, perawatan, pengolahan pakan yang difermentasi, hingga pengolahan susu kambing.

Kusnadi selaku ketua HKTI Kota Banjar mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kembali potensi peternak kambing PE, selain itu juga untuk kesejahteraan para petani.

“Banjar pernah menjadi ikon ternak kambing PE, untuk itu maka kami menggelar pelatihan bagi para pemuda tani kota Banjar,”Kata Kusnadi, di Aula Pegumas Desa Gumelar Kabupaten Banyumas.

Kusnadi menambahkan, pelatihan ini bukan saja dalam hal beternak, melainkan para pemuda tani ini berlatih meningkatkan produksi susu olahan dari kambing PE tersebut.

Sementara itu, Ruswoyo (55) selaku Ketua Peranakan Etawa Gumelar Banyumas (Pegumas) dalam acara tersebut mengatakan pihaknya sangat menyambut baik atas kedatangan rombongan dari HKTI Kota Banjar. Menurutnya, ia beserta anak buahnya selalu terbuka dengan siapa saja untuk sharing, termasuk dengan HKTI Kota Banjar.

“Kami selalu terbuka dengan siapa saja untuk sharing atau berbagi ilmu dalam hal beternak kambing PE,”katanya.

Seperti diketahui, kelompok Pegumas ini telah beberapa kali berprestasi dan selalu menjadi tingkat nasional tentang beternak kambing PE. Oleh karena itulah, HKTI Kota Banjar melakukan pengembangan serta pelatihan tentang cara yang baik untuk beternak kambing PE.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang