SOSIAL POLITIK

Karang Taruna Karya 16 Giatkan Bank Sampah Bersihkan Lingkungan

bank sampah

Gapura Kota Banjar ,- Karang Taruna Karya 16 Lingkung Tanjungsukur Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman memiliki program kegiatan yang sangat positif. Kegiatan tersebut yakni membersihkan sekaligus memilah sampah. Hal itu dilakukan karena bentuk kepedulian mereka terhadap kebersihan .

“Kegiatan ini sudah berjalan lama, karena kami peduli dengan kebersihan,”Kata Agus Ramdani  ketua Karang Taruna Karya 16, Selasa (14/4/2015).

Agus menambahkan, sampah-sampah yang dibersihkan dan dipilah itu menurutnya berasal dari sampah yang dibuang oleh warga khususnya di RW 16. Karang taruna sendiri sudah membuat sedikitnya 20 tong sampah yang tersebar di lingkungan RW 16. Semua itu agar warga di lingkungan RW 16 membuang sampah ditempat yang sudah disediakan.

“Sampah-sampah yang kami kumpulkan itu dipungut dari tong sampah yang tersebar di RW 16,”imbuhnya.

Sampah-sampah yang sudah dikumpulkan itu Lanjut Agus, sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dipilah terlebih dahulu. Karena ada sebagian sampah itu yang dapat menghasilkan uang. Seperti sampah plastik dan bekas botol maupun gelas minuman segar menurutnya bisa dijual. Dalam satu hari itu menurutnya paling sedikit bisa memperoleh uang sebesar Rp 5000 dari hasil penjualan sampah.

“Kami kumpulkan uang dari hasil penjualan itu, selanjutnya  uang tersebut kami berikan kepada para guru ngaji di masjid. Karena dilingkungan sini ada program wajib mengaji juga,”ucapnya.

Terpisah, Ketua RW 16 Dede Rosidin sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh karang taruna karya 16. Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut lingkungan menjadi bersih. Selain itu, dari sampah-sampah yang dikumpulkan oleh karang taruna itu tidak semuanya dibuang. Karena ada sebagian sampah yang dapat dijual. Kegiatan yang dilakukan mereka itu menurutnya sangat positif dan berarti sadar akan kebersihan lingkungan.

“Kegiatan seperti ini saya sangat mendukung sekali, selain lingkungan menjadi bersih, juga menghasilkan uang,”bangganya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *