SOSIAL POLITIK

Garut Akan Bangun Tiga Tambatan Kapal di Pantai Selatan

Pantai Cicalobak Garut 
Gapura Garut ,- Pemerintah berencana membangun tiga tambatan kapal di wilayah laut selatan Garut. Pembangunan tambatan kapal ini ditujukan untuk memudahkan nelayan berlabuh dan menjual hasil melautnya ke tempat pelelangan ikan.
“Di tahun anggaran 2015 sudah dialokasikan mengenai rencana pembangunan tiga tambatan perahu di wilayah selatan Garut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Wahyudijaya, kemarin.
Ia menyebut, tambatan yang menjorok ke tengah laut itu dibangun di tiga tempat, yakni kawasan Pantai Pameungpeuk, Caringin dan Rancabuaya.
“Nanti tiga tambatan itu sebagai dermaga kecil untuk memudahkan kapal nelayan melaut,” ujarnya.
 
Kepala Bidang Laut Udara dan ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) Dishub Garut, Hari Winarto, menambahkan, pemerintah sebelumnya telah membangun lima tambatan kapal yang tersebar di sepanjang pantai selatan Garut. Tambatan itu dibawah Koordinator Bidang Kelautan, Dinas Perhubungan Garut yang difungsikan untuk kemudahan para nelayan melaut.
Keberadaan tambatan tersebut menggunakan APBD Kabupaten Garut selama dua tahun anggaran 2012 dan 2013. Terkait rencana pembangunan pelabuhan bagi kapal besar di Garut selatan, itu sepenuhnya kewenangan Pemerintah Provinsi Jabar,” imbuhnya.
 
Lebih jauh dia menjelaskan, pihaknya belum mengetahui kelanjutan rencana pembangunan pelabuhan besar atau pelabuhan pengumpan regional yang pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah provinsi itu.

“Pelabuhan besar itu dikelola Jawa Barat, belum tahu persis perkembangan lanjutannya,” tukasnya.***Bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *