IMG00469-20150526-0935-300x225 SOSIAL POLITIK  Kelaparan, Seekor Monyet Masuk Perkampungan

Gapura Kota Banjar ,- Seekor monyet ekor panjang yang hidup disekitar hutan gunung Babakan Kota Banjar turun gunung. Monyet tersebut sejak sepekan terakhir turun gunung untuk mendapatkan makanan.

Monyet ini, mendatangi wilayah pemukiman khususnya di wilayah RT 7/17 lingkung Parungsari Kelurahan Karangpanimbal Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.

“Sejak satu sepekan terakhir, monyet tersebut turun gunung, kami menduga karena makanan di atas gunung mulai habis,” kata Ujang Gibrig warga setempat, Rabu (27/5/2015).

Ujang menambahkan, kondisi tersebut menurutnya tidak menghawatirkan karena monyet tersebut terlihat “lindeuk”saat diberi makanan oleh warga.

“Masyarakat tidak terganggu dengan adanya monyet tersebut, yang dikhawatirkan justru ada orang yang bertindakan  bisa melukai hingga membunuh monyet liar ini,”imbuhnya.

Hal yang sama juga dikatakan Nanang, menurutnya populasi monyet ini, makin sedikit di alam liar.

“Monyet ini mulai terbiasa karena sering diberi makan, tidak menutup kemungkinan kedepannya pasti ada kawanan monyet lainnya yang turun gunung,” ucap Nanang.

Namun pendapat berbeda diucapkan Sobur, menurutnya niat memberi makan hewan liar, justru berdampak buruk pada pola hidup dan habitat monyet.

“Monyet ini, memiliki sistem pertahanan hidup alami di hutan, jika polanya berubah ya monyet-monyet ini akan terus turun ke pemukiman warga,”tuturnya.

Kini keberadaan monyet yang turun gunung tersebut menjadi tontonan warga, karena jarang sekali ada monyet yang turun gunung di wilayah Parungsari.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang