IMG_0216-300x199 SOSIAL POLITIK  Siaga Bencana, Polres Banjar Gelar Apel Gabungan Dengan BPBD

Gapura Kota Banjar , – Dalam rangka memantapkan kesiap siagaan menangani dan mengantisipasi ancaman bencana alam yang dapat terjadi setiap saat,  Jajaran kepolisian Kota Banjar,  menggelar apel gabungan siaga penanganan bencana alam di halaman Mapolres Banjar, Jalan Siliwangi, Selasa (9/6/2015).

Selain diikuti oleh polisi, apel persiapan ini diikuti pula oleh jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satgas Tagana, tim SAR dan unsur-unsur terkait lainnya.

Apel yang dipimpin oleh wakapolres Banjar, Kompol Herryanto itu juga diisi dengan kegiatan simulasi penanggulangan bencana, mulai dari penanggulangan kebakaran, puting beliung dan banjir.

“Intinya kita ingin memeriksa kesiapan anggota dan elemen penanggulangan bencana lainnya, seandainya terjadi bencana alam, kita sudah dalam keadaan posisi siap ,”ujar Kompol Herryanto.

Herryanto menambahkan, pemeriksaan kesiapan ini merupakan perintah langsung dari Kapolri agar seluruh jajaran kepolisian siaga menghadapi potensi bencana alam. Langkah antisipasi ini didasarkan kepada prakiraan pergantian musim, sehingga potensi terjadinya bencana alam ditengarai meningkat.

“Tapi tentunya kita semua berharap bencana alam yang dikhawatirkan itu tidak sampai terjadi,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPBD Banjar, Rusmawan mengatakan pemetaan potensi bencana alam di Kota Banjar relatif menyebar. Hampir semua wilayah kecamatan memiliki daerah rawan bencana.

“Di Banjar hanya rawan angin puting beliung,” kata Rusmawan.

Bencana yang satu ini memang sulit diprediksi dan relatif bisa terjadi di seluruh wilayah Kota Banjar. Hal itu karena Banjar tergolong dataran rendah atau wilayah pertemuan arah angin.

“Kami menghimbau, warga sebaiknya rajin memangkas pepohonan yang berada di dekat rumahnya, sehingga ketika terjadi angin puting beliung, dampaknya bisa diminimalisasi,”imbuhnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang