poto-puskesmas-leles-300x201 SOSIAL POLITIK  Ubah Prilaku Masyarakat, Puskemas DTP Leles Lakukan Penyuluan PHBS

Gapura Garut ,- Upaya memperkuat budaya hidup bersih dan sehat ditengah tengah masyarakat khususnya yang berada wilayah Kecamatan leles Kabupaten Garut, Jawa Barat, pihak Puskesmas DPT leles bekerjasama dengan pemerintah kecamatan mengadakan penyuluhan langsung kepada warga.

Kegiatan berupa sosialisasi cara mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan dan meningkatkan kemampuan masyarakat, serta mengimplementasikan komitmen Pemerintah untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar yang berkesinambungan  .

Selain berupa sosialisasi prilaku hidup sehat dan bersih juga disampaikan upaya-upaya untuk  percepatan perubahan perilaku masyarakat yang kurang sehat menjadi sehat, sebagaimana yang diprogramkan  dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). yang penyuluhannya  digelar  di Aula Puskesmas Leles Kabupaten Garut Rabu (5/8/ 2015).

Hadir dalam penyuluhan PHBS ini Kepala Puskesmas DPT leles dr. Hari Mulyono .S ,selaku narasumber beserta tim, penyuluhan Kesehatan Puskesmas leles Entis Sutisna,  Camat Leles Hj Rusmanah, serta sejumlah unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut  dr. Hari  mengatakan PHBS penting untuk dilakukan terutama pada anak usia dini.

“Ini akan lebih mudah diterapkan jika pada anak usia dini karena untuk mengubah suatu kebiasaan itu dibutuhkan waktu yang cukup lama”, Kata Hari dalam sambutannya.

Menurutnya, Perilaku Hidup  Bersih dan Sehat dapat diartikan semua perilaku yang baik bagi kesehatan diantaranya Persalinan oleh tenaga Kesehatan, ASI Ekslusif, Menimbang Bayi atau Balita dengan rutin  serta menggunakan air bersih.

“Mencuci tangan dengan air pake sabun , Jamban sehat, memberantas  jentik nyamuk, makan sayur dan buah buahan  setiap hari, serta  melakukan aktifitas fisik setiap hari dengan tidak merokok didalam rumah apalagi didepan anak-anak karena  sangat berbahaya”, Ungkapnya.

Sementara itu Camat Leles Hj Rusmanah, mengatakan pola hidup sehat perlu diterapkan sejak dini terutama makanan yang bergizi  dengan memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna.

“tidak harus makanan yang mahal tetapi harus terpenuhi 4 sehat 5 sempurna  dan pemberian ASI ekslusif  sampai 6 bulan karena untuk perkembangan dan kecerdasan anak,  juga orang tua harus mengajarkan pada anaknya bagaimana menggosok gigi yang benar dan cara mencuci tangan yang benar juga”, Ucapnya.***Kuskus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang