surat-nikah SOSIAL POLITIK  Woow..400 Pasutri di Desa Pancasura Garut Tak Miliki Surat Nikah

Gapura Garut ,- Pemerintah Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, membenarkan di daerah tersebut  saat ini masih banyak pasutri yang belum memiliki surat nikah.

“Berdasarkan hasil penelusuran yang telah kami lakukan , diperkirakan terdapat 400 pasutri yang belum memiliki surat nikah”, Kata Saefulloh A. Ridho Kepala Desa Pancasura, saat dikonfirmasi, Sabtu (8/8/2015).

Menurutnya , ada beberap faktor yang menjadi penyebab masih banyaknya pasutri di daerah yang kini dipimpinnya tersebut belum memiliki surat nikah.

“Disamping tingkat kesadaran masyarakat yang masih kurang, hal ini juga dipengaruhi oleh tingginya biaya pernikahan sehingga tak terjangkau oleh masyarakat. Mahalnya biaya tidak diimbangi dengan profesi masyarakat sebagai buruh tani. Apalagi kebanyakan dari mereka sudah berumah tangga cukup lama, bahkan banyak di antaranya yang sudah mempunyai cucu,” ungkapnya,

Saefulloh menambahkan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2014, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004 Tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang baru berlaku pada Departemen Agama, disebutkan bahwa penerimaan dari KUA Kecamatan per peristiwa nikah atau rujuk adalah Rp600.000.

“Hal itu belum termasuk biaya lainnya, sehingga rata-rata biaya pernikahan yang harus dikeluarkan mencapai Rp1.200.000,” sebutnya.

Dihubungi  terpisah sebelumnya Lektor Kepala Sekolah Tinggi Hukum (STH) Garut Djohan Djauhari mengatakan, pasutri yang tidak memiliki surat nikah akan mengalami kerugian meski dinyatakan sah secara hukum agama. Peran yang sangat penting dari surat nikah adalah untuk menentukan status anak, waris, masalah administrasi seperti akta kelahiran atau paspor, dan lainnya.

“Kalau tidak ada surat nikah, bisa sulit mengurus-urus hal yang penting. Sebab tidak tercatat di negara,” katanya.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang