IMG-20150813-00452-300x225 SOSIAL POLITIK  Sambut HUT RI Ke 70, Warga Banjar Beramai-ramai Ngubyag Balong

Suasana penuh suka cita warga berada dikolam berebut menangkap ikan tanpa alat bantu, foto hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Menyambut datangnya peringatan HUT RI ke 70,  ratusan warga Lingkung Lembur Balong, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar Jawa Barat, beramai-ramai menggelar acara “ngubyag balong”(bedah kolam ikan) milik warga setempat, Kamis (13/8/2015).

Tradisi ngubyag balong merupakan tradisi masyarakat Priangan Timur khususnya Kota Banjar. Warga tampak senang dan berbondong-bondong ikuti menangkap ikan dengan cara langsung nyebur kedalam kolam dan menggunakan tangan kosong.

“Wah asyik juga, kegiatan seperti ini tidak memandang usia,”ujar Tini warga setempat.

Sementara itu Jojo Juarno, selaku pemilik kolam sekaligus tokoh masyarakat setempat mengatakan, bahwa tradisi ngubyag balong adalah sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut HUT RI yang ke 70. Selain itu, kegiatan ini pun sebagai wujud untuk menjaga kearifan lokal.

“Kegiatan ini sebagai rasa syukur masyarakat dalam menyambut HUT RI ini,”ujarnya.

Jojo menambahkan, kegiatan tangkap ikan ini tidak mengenal batas usia, baik anak kecil maupun orang dewasa semuanya menceburkan diri kedalam kolam dan berburu menangkap ikan yang telah ditebar oleh panitia.

“Ikan yang ditebar kedalam kolam sebanyak satu kuintal, diantaranya ikan Kancra, Lele, Mujaer, Gurame, dan tawes,”imbuhnya.

Ia berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini, masyarakat menjadi “guyub” dan selalu mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat disini selalu kompak dan mengedepankan kekeluargaan,”pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang