bursa-kerja-300x225 SOSIAL POLITIK  Ribuan Pencari Kerja di Ciamis Beradu Keberuntungan Lewat Job Fair

Ribuan pencari kerja beradu keberuntungan di Job Fair Ciamis 2015, foto Dedi Kuswandi

Gapura Ciamis ,- Ribuan angkatan kerja lulusan SMA/SMK dan Sederajat serta Perguruan Tinggi memadati Gedung Islamic Center Ciamis, Jawa Barat guna beradu nasib di Pameran Bursa Tenaga Kerja (Job Fair) yang diikuti oleh 40 Perusahan Swasta maupun BUMN.

Dari 40 Perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan Job Fair atau Bursa tenaga kerja tersebut hanya mampu menyerap 2000 orang calon tenaga kerja.

“Peminatnya mencapai lima ribuan orang pelamar sementara yang terserap atau yang dibutuhkan oleh perusahaan perusahan peserta Job Fair ini hanya sekitar dua ribuan saja sesuai kemampuan SDM sesuai kualifasi yang dibutuhkan perusahaan”, Kata Wawan Arifien Kadisnakersostran Kabupaten Ciamis, Selasa (1/9/2015).

Menurut Wawan arifien, perlu upaya bersama dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun kalangan swasta untuk secara bersama-sama mencarikan jalan keluar terkait banyaknya angkatan kerja yang belum terserap lapangan kerja.

“Lapangan kerja makin sedikit, kemungkinan akibat krisis ekonomi dunia yang memicu terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang berakibat pada terjadinya PHK membuat angkapengangguran naik tajam”, Ungkapnya.

Sementara itu Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin mengatakan sebanyak 33.385 orang dari kalangan Intelektual di Kabupaten Ciamis hingga kini tercatat masih belum mendapatkan pekerjaan yang jelas atau nganggur.

“Ini perlu perhatian berbagai pihak agar puluhan ribu penganggur dari kaum intelektual ini mampu untuk menciptakan dan membuka lapagan kerja sendiri”, Tegasnya.

Iing menegaskan pihaknya terus mendorong agar para kaum inteletual tersebut mampu berinovasi dan berkeratifitas sehingga mampu menghasilkan karya yang dapat membuka lapangan kerja baru.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang