bumbung-300x225 SOSIAL POLITIK  Bumbung Bambu Desa Sindangsari Ciamis, Mampu Tuntaskan PBB

Gapura Ciamis ,- Cara unik yang dilakukan warga desa Sindangsari, Cikoneng Kabuaten Ciamis, Jawa Barat dalam membayar pajak ternyata tidak hanya menjadi cara unik, namun juga mengantarkan warga Desa Sindang sari tersebut mendapatkan penghargaan langsung dari Kemenhumkam RI yang dierahkan pada tanggal 19 Agustus 2015 lalu dan diterima oleh Bupati Ciamis.

Melalui bumbung atau bambu menabung yang dibagikan kepada ribuan warga desa, ternyata berhasil meningkatkan kesadaran warga untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Cimais Khusunya di Desa Sindangsari Ciamis.

Sedikitnya sekitar 2300 lebih warga Sindangsari menerima bambu yang berbentuk celengan untuk dimanfaatkan warga menabung setiap dengan memasukan uang recehan sisa belanja atau keperluan lainnya ke dalam bumbung tersebut.

Hasilnya memang tidak terasa, selama setahun uang yang terkumpul bisa mencapai sepuluh kali lipat lebih besar dari biaya membayar Pajak Bumi dan Bangunan.

Media bumbung ini benar-benar telah dirasakan warga setempat untuk meringankan mereka dalam membayar PBB, karena tidak harus mengambil uang dari dompet untuk membayar pajak.

“Semenjak ada Bumbung tersebut kami warga disini memang terbiasa memasukan uang recehan hampir setiap hari untuk memenuhi kebutuhan membayar PBB”, Kata Yaya salah seorang warga saat dtemui baru-baru ini.

Yaya menambahkan sudah hampir berjalan selama 3 tahun ini keberadaan bumbung bambu tersebut benar-benar berhasil meningkatkan kesadaran warga untuk membayar pajak.

“Kami sekarang tidak lagi kerepotan saat ada tagihan PBB dari desa, tinggal membuka Bumbung aja dan membayarkannya kepada petugas, bahkan hasilnya jauh lebih besar dari target yang harus dibayarkan jadi kami mendapat uang lebih juga”, Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sindangsari Maman Suryaman membenarkan jika kesadara warga desanya dalam membayar PBB semakin meningkat setelah program Bumbung digulirkannya dimasing-masing kepala rumah tangga.

“Sekarang pembayaran PBB selalu kompak dan terpenuhi sesuai target smenjak kami meggulirkan program Bumbung tersebut”, Ucapnya

Menurutnya, program inovasi di desanya tersebut berhasil menuai prestasi atas kesadaran hukum membayar pajak dari Kementrian Hukum dan Ham Republik Indonesia yang diterima oleh Bupati Ciamis.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang