longsot-8-titik-300x167 SOSIAL POLITIK  Hujan Deras di Ciamis Merusak Delapan Titik Proyek Bina Marga

Salah satu longsor di Ciamis, foto dedi Kuswandi

Gapura Ciamis, – Hujan deras yang terus mengguyur sebagian besar kawasan Kabupaten Ciamis, dalam dua pekan terakhir ini telah menyebabkan sedikitnya delapan titik proyek yang sedang dilaksanakan Dinas Binamarga setempat mengalami kendala.
Tebing dan tanggul irigasi yang baru saja selesai dibangun Dinas Bina Marga di desa Tanjungsari, kecamatan Sadananya, kabupaten Ciamis, tiba tiba longsor.

Longsor tebing setinggi empat meter dengan lebar sekiatr 15 meter itu, nyaris menimbun rumah milik warga yang letaknya berdekatan dengan titk longsor tersebut, namun beruntung tidak sampai menimbulkan korban jiwa. sementara sejumlah mata air dan saluran irigasi kini rusak dan tak bisa berfungsi sama sekali akibat longsoran tanah yang menghambat saluran dan irigasi tersebut.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata dilokasi kejadian, peristiwa longsor itu sempat mengagetkan warga setempat karena proyek pembangunan tebing tembok yang dibangun dinas Binamarga itu baru saja diselesaikan pemangunannya belum lama ini.
“Kami kaget karena tebing penahan atau tanggul Irigasi ini baru saja beres dibangun dinas Bina marga”, Kata Nendi Suhendi, Kepala Desa Tanjungsari, Selasa (15/12/2015).

Nendi mengatakan, longsor tersebut telah mengakibatkan kerusakan sebagian halaman rumah milik warga dan merusaka dua saluran air.

“Longsoran tanahnya telah menggerus bagian saluran air sehinga tidak dapat berfungsi lagi dengan baik karena rusak berat “, Ungkapnya.

Selain tebing tembok di jalan raya tanjungsari, lanjut Nendi ada sekitar tujuh tiktik lagi proyek pembangunan yang digarap dinas Binamarga di desa Tanjungsari yang juga jebol akibat diguyur hujan deras.

“Ada tujuh titik lagi proyek bina marga yang juga ambrol seperti pembangunan saluran irigasi dan tebing jalam raya lainnya, saat ini kami bersama berbagai unsur terkait bergotong royong untuk menyingkirkan material longsoran agar saluran air warga bisa kembali berfungsi”, Tuturnya.

Meski demikain warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis segera turun tangan untuk memperbaiki sejumlah titik proyek pembangunan irigasi yang rusak agar dapat berfungsi kembali dengan baik.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang