IMG-20151215-01447-300x225 SOSIAL POLITIK  Hujan Dan Angin Terus Melanda, BPBD Kota Banjar Himbau Warga Waspada

Rusmawan, Kepala BPBD Kota Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, memberi himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana yang akan diakibatkan kencangnya  angin puting beliung saat memasuki musim penghujan seperti yang terjadi saat ini.

Peralihan musim dari kemarau ke musim hujan ini, seringkali diawali dengan hujan deras disertai angin kecang yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya angin puting beliung dan berujung pada bencana yang merusak sarana prasarana dikawasan permukiman warga.

Kepala BPBD Kota Banjar, Rusmawan  mengatakan, hujan deras disertai angin kencang kemungkinan akan terus terjadi hampir di seluruh wilayah Kota Banjar, kondisi seperti itu dipicu karena terjadinya pergeseran kelembaban udara.

“Masyarakat harus tetap waspada, memasuki musim penghujan yang disertai angin kencang ini sangat  berpotensi menjadi bencana angin puting beliung,”Kata Rusmawan kepada wartawan baru-baru ini.

Rusmawan menambahkan, BPBD Kota Banjar tidak dapat memastikan wilayah mana saja yang memang berpotensi terjadi angin puting beliung. Hal tersebut disebabkan karena angin puting beliung tidak dapat diprediksi, Sehingga masyarakat perlu waspada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Kami menghimbau agar masyarakat untuk selalu waspada sekaligus melakukan antisipasi bencana alam, salah satunya dengan cara melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon besar disekitar lingkungan tempat tinggal atau pemukiman padat penduduk,”imbuhnya.

Masih kata Rusmawan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan pemangkasan pohon di tepi jalan. Hal itu untuk mengantisipasi robohnya pohon yang dapat membahayakan bagi para pengguna jalan.

“Kami akan berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan instansi lainnya serta masyarakat untuk memangkas pohon-pohon yang ada ditepi jalan, ini merupakan untuk mengantisipasi robohnya pohon yang dapat membahayakan warga khususnya pengguna jalan,”katanya.

Selain waspada angin puting beliung, pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat supaya mewaspadai bencana banjir, terutama kepada masyarakat di wilayah yang berpotensi menjadi daerah langganan banjir. Hal tersebut karena curah hujan pada bulan Desember ini lumayan cukup tinggi.

“Selain waspada bencana angin puting beliung, masyarakat pun diminta waspada bencana banjir, karena curah hujan yang cukup tinggi membuat debit air sungai Citanduy meluap,”pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang