sampah-pantai-300x225 SOSIAL POLITIK  Pemkab Pangandaran Lamban Tangani  Sampah Usai Musim Liburan

Tumpukan sampah masih terlihat berserakan disepanjang pantai usai liburan, foto Dedi Kuswandi

Gapura Pangandaran ,- Penanganan sampah di pantai Pangandara, Jawa Barat dinilai sejumlah pihak masih sangat kurang dan cenderung dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya mengantisipasi dengan sunguh-sungguh.

Usai musim liburan tahun baru seperti telah menjadi pemanndangan tahunan tumpukan sampah berserakan dikawasan obyek wisata pantai Pangandaran yang membentang sejauh mata memandang.

Keberadaan petugas kebersihan mengaku sangat kewalahan dengan volume sampah yang jauh tidak sebanding dengan jumlah petugas yang sangat terbatas serta minim peralatan yang dapat digunakan dengan cepat untuk mengatasi menumpuknya sampah.

“kami sudah berupaya maksimal namun keterbatasan jumlah personil dan minimnya peralatan untuk mengangkut sampat tidak kuat lagi mengatasi tumpukan sampah ini”, Kata Soleh salah seorang petugas kebersihan saat ditemui belum lama ini.

Menurutnya hampir setiap tahun pemandangan sampah ketika musim liburan usai selalu menjadi bagian permasalahan yang harus mereka hadapi.

“Ini membutuhkan waktu beberapa hari kedepan untuk membersihkannya apalagi jika hanya mengandalkan dengan peralatan yang ada saat ini”, Tuturnya.

Sejauh ini upaya untuk membersihkan tumpukan sampah disepanjang pantai tersebut juga sudah dilakukan oleh warga setempat dan para nelayan, namun karena volumenya yang jau lebih besar tetap saja tumpukan sampah tersebut tersisa hingga berhari-hari.

Warga setempat berharap pemerintah Kabupaten Pangandaran benar-benar serius dalam memeperhatikan masalah sampah menyusul pantai Pangandaran sudah merupakan objek wisata favorite di Jawa Barat dalam setiap musim liburan.

“Ini sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mengatasinya dengan mencarikan teknologipengelolaa sampah yang bagus dan canggih, karena pangandaran ini sudah menjadi objek wsiata favorite”, Kata Sudarman salah seorang wisatawan asal Jakarta.

Sudarman menyayangkan lambatnya pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam mengatasi persolan sampah dipantai tersebut.

“Jika kondisis setiap tahun seperti ini, dapat merusak citra pantai Pangandaran sebagai objek wisata lama-lama wisatawa bisa males lagi datang berlibur disini”, Ucapnya.

Sejauh ini belum ada pihak terkait dari pemerntah Pangandaran yang bersedia memberikan penjelasan terkait minimnya penangan sampah dipantai tersebut.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang