awas-nyamuk-malaria-300x225 SOSIAL POLITIK  Dinkes Garut Bagikan Klambu Gratis Cegah Gigitan Nyamuk Malaria

nyamuk penyebab Malaria hidup endemis diair payau, pertemuan air asin dengan air tawar, gambar istimewa

Gapura Garut ,- Upaya mencegah terjangkitnya malaria yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk malaria dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yang cukup efektif adalah dengan memakai kelambu saat tidur.

Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut, pemberian kelambu gratis untuk warga yang berada didaerah endemis malaria cukup  mampu menurunkan jumlah kasus malaria diwilayah  Garut Selatan.

Pada 2014 sebelumnya, warga yang menderita malaria tercatat sebanyak 72 orang, atau lebih dari empat kali lipat jumlah penderita bila dibandingkan dengan 2015 lalu.

“Pemberian kelambu kepada warga merupakan salah satu upaya kami untuk menekan kasus malaria. Terbukti cara ini ampuh menekan jumlah warga yang terjangkit,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Garut Tatang Wahyudin, Selasa (19/1/2016).

Menurutnya program itu setidaknya telah dilakukan sejak 2013 lalu, yaitu dengan membagikan 2.000 kelambu secara cuma-cuma. Saat itu, jumlah penderita malaria mencapai 188 orang.

“Jumlahnya terus mengalami penurunan, dari 188 orang di 2013, menjadi 72 orang di 2014. Kemudian pada 2015 kemarin jumlahnya turun lagi menjadi 15 orang,” ungkapnya.

Pemberian kelambu ini setidaknya akan terus dilakukan dalam rangka menuju Jawa Barat bebas malaria di 2020 mendatang.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang