Bupati-Garut-Rudy-Gunawan1-300x225 SOSIAL POLITIK  Pemda Garut Bebaskan Sisa Lahan Peruntukan SOR Ciateul

Bupati Garut Rudy Gunawan, foto dok

Gapura Garut , – Pemerintah Kabupaten Garut segera membebaskan lahan seluas empat hektare (Ha) di kawasan Ciateul Kecamatan Tarogong Kidul Garut pada tahun 2016 ini. Pembebasan lahan tersebut merupakan bagian dari agenda pemerintah daerah, dalam merealisasikan pembangunan sarana olah raga (SOR) Ciateul seluas 12 ha.

“Untuk SOR Ciateul, Pemkab Garut sudah membebaskan lahan seluas delapan hektare, jadi tinggal empat hektare lagi yang belum dibebaskan. Mudah-mudahan tahun ini semuanya selesai dibebaskan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Iman Alirahman, kemarin.

Sekda menjelaskan, selain membebaskan sisa lahan, di tahun ini pemerintah juga akan mulai membangun gedung bela diri dan indoor di area SOR Ciateul.

“Soal IMB dan izin lainnya sedang berjalan. Dokumen-dokumen yang melengkapinya juga sedang diproses,” ucapnya.

Pembiayaan pembangunan SOR Ciateul sendiri menggunakan dua sumber dana, yakni APBD Kabupaten Garut dan Bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp17 miliar.

“Untuk pembebasan lahan yang tinggal empat hektare itu, dananya diambil dari APBD sebesar Rp16 miliar. Lalu Rp7 miliar untuk bangunan fisik dan Rp3 miliar lainnya pematangan lahan,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, fasilitas yang akan dibangun di kawasan SOR Ciateul adalah stadion sepak bola, gedung serba guna, Kantor Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) Garut dan beberapa gedung lainnya.

“Stadion sepak bola nanti kapasitasnya sekitar 15 ribu penonton. Jika telah selesai kami menargetkan untuk menjadi tuan rumah Porda tahun 2022,” ucap Rudy.

Pada tahun ini, kata dia, pemerintah daerah akan membangun terlebih dahulu GOR beladiri. Sedangkan pada 2017, diwacanakan pembangunan GOR permainan.

“Pada tahun 2018 mendatang, akan ada stadion sepakbola tipe A yang bisa banyak menampung penonton,” imbuhnya.

Tidak hanya stadion sepak bola, beberapa venue olah raga lain pun akan dibangun di kompleks SOR ini. Sejumlah sarana tersebut di antaranya adalah kolam renang dan lintasan lari atletik.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang