SOSIAL POLITIK

Tersinggung Pernyataan Wakil Walikota Banjar, Gabungan Ormas Demo

Para pendemo dari gabungan ormas dan LSM saat mendatangi kantor Walikota Banjar, foto Hermanto
Para pendemo dari gabungan ormas dan LSM saat mendatangi kantor Walikota Banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar , – Penyataan Wakil Walikota Banjar Darmadji Prawirasetia dinilai telah memprovokasi serta bernada pelecehan terhadap Ormas dan LSM Kota Banjar yang dianggapnya sebagai sesuatu yang harus diberantas.

Pernyataan Wakil Walikota Banjar menurut Nesa Hadi ketua GMBI Kota Banjar sangat menyinggung dan melecehkan ormas serta LSM yang ada.

“Pernyataan yang dilontarkan Wakil Walikota dengan mengatakan LSM dan Ormas harus diberantas telah melecehkan tupoksi ormas dan LSM sebagai sosial kontrol. Pernyataan tersebut ketika di Desa Sukamukti, saat itu Wakil Walikota telah berbicara di depan masyarakat bahwa Ormas dan LSM harus diberantas, dilawan, dan tidak boleh dikasih apabila meminta sejumlah uang ke desa. Semenjak saya mendirikan LSM tahun 2013, saya tidak pernah meminta uang ke desa,”Kata  Nesa berapi-api.Rabu (10/8/20160.

Atas pernyatan tersebut ratusan massa yang tergabung dalam Forum Gabungan Ormas dan LSM mendatangi  kantor Wakil Walikota Banjar. Mereka memepertanyakan pernyataan Wakil Walikota Banjar Darmadji saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Sukamukti pada Kamis 5 Agustus 2016 lalu.

Unjuk rasa  pun sempat memanas hingga aksi dorong pun terjadi dengan petugas keamanan yang berjaga, saat massa yang merangsek ingin masuk ke halaman kantor Setda, namun  dihalangi oleh petugas keamanan dari Polres Banjar dan Satpol PP. Massa meminta Darmadji keluar, namun yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat.

Nesa sebagai Ketua GMBI menegaskan kedatangan gabungan ormas dan LSM ini untuk meminta klarifikasi atas pernyataan Wakil Walikota Banjar tersebut. Jika benar seperti itu, massa menuntut Darmadji harus minta maaf kepada ormas dan LSM. dituntut untuk meminta maaf kepada Ormas dan LSM.

‪“Tidak jelas maksud tujuan dari ucapannya, apakah ditujukan pada satu ormas atau memang kepada semua ormas atau LSM saja, sehingga kami dari gabungan ormas dan LSM menuntut kepada Darmadji untuk mengklarifikasi ucapannya tersebut dan meminta maaf,”katanya.

‪Hal yang sama diucapkan Ketua Ormas Geram, Deni Mulyadi. ia mengatakan bahwa Darmadji telah melakukan pencemaran nama baik organisasi masyarakat. Menurutnya ucapan tersebut tidak mencerminkan sebagai kepala daerah.‬

‪“Ada ucapan, emang ormas dan LSM menyimpan uang di desa, sehingga mereka meminta uang? Nah ucapan ini yang akan kami tanyakan maksudnya kepada siapa ? Karena, dia berkata seperti itu tidak menggunakan oknum ormas, melainkan langsung pada konteks ormas dan LSM. Kami berharap, yang terhormat Bapak Wakil Wali Kota Banjar untuk mempertanggungjawabkan pernyataan itu pada publik benar atau tidak,”ujarnya.

Kedatangan ormas dan LSM ini diterima oleh Asda I, Iwan Supriadi dan Asda II Agus Eka Sumpana. Mereka menampung aspirasi dan akan di sampaikan ke Wakil Wali Kota Banjar.

“Bapak (Darmadji) sedang tidak ada di tempat, beliau sedang keluar kota, dan aspirasi ini saya tampung yang nantinya akan saya sampaikan ke beliau,”ujar Iwan Supriadi.

Dengan adanya keputusan tersebut meski kecewa, selanjutnya massa pun membubarkan diri dengan tertib dan aman.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *