Jalan-rusak-300x257 SOSIAL POLITIK  Perkebunan PTPN VIII Terlantarkan Akses Jalan Desa di Garut

Kondisi jalan rusak, gambar ilustrasi, foto istimewa

Gapura Garut ,- Sejumlah ruas jalan yang merupakan akses antar perkampungan diwilayah Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut hampir sebagian besar berada dikawasan Perkebunan milik PTPN VIII yang merupakan perkebunan Karet dan Teh.

Camat Kecamatan Cisompet Eli Suheli mengeluhkan minimnya perhatian pihak perkebunan yang tidak pernah memperdulikan nasib infrastruktur jalan yang keberadaanya merupakan jalan penghubung bagi akses warganya diwilayah Cisompet dengan beberapa desa dan kecamatan lainnya.

“Disini memang rata-rata jalan desanya merupakan jalan akses perkebunan baik perkebunanan teh, maupun karet. Kami sudah sering melakukan kordinasi dengan pihak perkebunan utuk melakukan perbaikan namun tidak juga direspon”, Kata Eli saat dikonfirmasi, Sabtu (13/8/2016).

Menurut Eli salah satu jalan desa dari sekiab nayak yang berada diwulayah perkebunan adalah akses  jalan menuju desa Cihaurkuning dan Sindangsari.

“kami sudah meminta perhatian pihak Perkebunan PTPN VIII namun hingga saat ini belum ada jawaban pasti serta kesanggupan dari pihak perkebunan untuk memperbaiki jalan desa yang sering dikeluhkan oleh warga kami”, Ungkapnya.

Sejauh ini kata Eli pihak perkebunan selalu berdalih masih menunggu jawaban pihak Direksi PTPN VIII yang posisinya ada dikantor pusat.

“kami memang tidak bisa berbuat banyak karena kawasan tersebut merupakan kawasan dibawah perkebunan PTPN VIII dan tidak bisa juga kita harus terus mengemis ngemis sementara jawan yang terlontar dari perkebunan menunggu Keputusan Direksi”, Tuturnya.

Sementara itu berkaitan dengan ruas jalan yang keberadaanya dibawah langsung pemerintah Kabupaten Garut, menurut Camat Eli,  pihaknya telah mendaatkan kabar perbaikan dari dinas terkait ayang akan melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan desa tersebut.

“Kalau yang ditangani oleh pemerintah Kabupaten maupun oleh masing-masing desa melalaui anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi serta anggran  Kabupaten akan segera diperbaiki”, Paparnya.

Perbaikan tersebut dipastikan akan mulai dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 mendatang sesui dengan isyarat yang dijanjikan Bupati Garut Rudy Gunawan kepada masyarakat di Cisompet secara langsung.***Irwan Rudiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang