DPRD Garut saat mendapatkan penjelasan Sekda Garut dan Dinas Terkait, foto marnoto

DPRD Garut saat mendapatkan penjelasan Sekda Garut dan Dinas Terkait, foto marnoto

Gapura Garut ,- DPRD Kabupaten Garut telah telah memanggil sejumlah SKPD terkait dan Sekda Kabupaten Garut, terkait keputusan Menteri keungan yang menunda pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) mulai September 2016 ini hingga empat bulan kedepan. Pemanggilan tersebut dilakukan DPRD dalam upaya  mencari solusi terkait permasalahan penundaan sebagian DAU Garut.

Menurut Asep D Maman salah seorang anggota DPRD Garut menyebutkan dari penjelasan dan penyampaian oleh Sekda Kabupaten Garut sesuai dengan PP nomer 30 tahun 2011 pasal 12 maka Pemda dapat mencari dana solusi pinjaman jangka pendek.

“Adapun solusinya adalah dengan memakai beberapa dana cadangan diantaranya adalah tunjangan gaji honorer 2,5 milyar, dana cadangan Pilkada sebesar 15 milyar, 7 milyar dari pembebasan tanah untuk jembatan sebesar 7 milyar,” Kata Asep, Selasa (30/8/2016)

Menurutnya, Sekda juga menjelaskan selain itu ada dana GOR Ciateul, penambahan modal bank BIJ 2 milyar dan juga BPJS akan di pending selama 5 bulan,” Ungkapnya.

Asep mengatakan selain tunjangan goro honorer, pihak Pemda jika meminjam dana pinjaman ke Bank tentunya harus ada kepastian untuk pembayarannya. Karena pihak bank pun juga butuh kepastian untuk pembayaran dana pinjaman tersebut karena defisit anggaran untuk Kabupaten Garut mencapai 110,5 milyar lebih.

“Kementrian keuangan juga harus ada kepastian untuk penundaan DAU ini, apakah akhir tahun akan ada kepastian untuk pembayaran atau tidak,” Tuturnya.

Dampak dari penundaan DAU tersebut lanjut Asep juga berpengaruh terhadap kegiatan DPRD, dimana anggota DPRD tidak boleh ada kegiatan hingga akhir tahun seperti kunjungan ke daerah maupun kunjungan ke luar daerah bahkan termasuk reses juga akan di pending.

“reses dipending dulu, yang penting gaji PNS terlebih dahulu. Bahkan gaji dewan pun kemungkinan dipending juga,” Tandasnya.***Marnoto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com