gelar-pasukan-300x216 SOSIAL POLITIK  Satlantas Polres Garut Siapkan Personil Amankan Jalur Objek Wisata

Kapolres Garut AKBP Arif Budiman saat memeriksa kesiapan pasukan, foto dokumentasi

Gapura Garut ,- Selama libur lebaran Idul Adha 1437 H sejumlah objek wisata di Kabupaten Garut akan mendapat pengamanan dari personel kepolisian, khususnya dalam pengaturan arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Garut AKP M Ardi Wibowo mengatakan, pengaturan arus lalu lintas difokuskan  pada jalur utama seperti jalur Limbangan-Malangbong dan Kadungora-Leles. Pada pengamanan dan pengaturan jalur utama tersebut, Polres Garut akan berkoordinasi dengan aparat dari Polres Bandung.

“Koordinasi harus dilakukan untuk memantau perkembangan jumlah kendaraan yang akan memasuki wilayah Garut. Bila ada laporan kepadatan kendaraan yang bergerak dari arah barat (Bandung) menuju timur (Garut), kita sudah siagakan personel di lapangan, khususnya untuk jalur-jalur utama,” kata Ardi, Jumat (9/9/2016).

Ardi menyebutkan pengaturan personel kepolisian telah ditempatkan di setiap persimpangan jalan. Pemberlakuan jalur satu arah akan diambil kepolisian bila kemacetan terjadi kapan saja.

“Sifat one way yang hanya sementara ini belum bisa diputuskan harus diambil atau tidak, karena bersifat tentatif. Makanya kami pantau arus dari arah Bandung bagaimana,” ujarnya.

Khusus pengamanan jalan-jalan sekitar lokasi objek wisata, Ardi menekankan adanya upaya kerja sama dengan setiap Polsek di masing-masing wilayah.

“Garut ada beberapa objek wisata, seperti Cipanas di wilayah Kecamatan Tarogong, Situ Bagendit di Banyuresmi, hingga Darajat di Pasirwangi. Kita koordinasi juga dengan setiap polsek,” ucapnya.

Terkait ancaman potensi bencana alam, Ardi menjelaskan, jalur utama di Kabupaten Garut rawan tergenang banjir dan longsor. Oleh karena itulah, ia meminta agar para pengguna jalan yang melintas untuk berhati-hati.

“Potensi bencana di jalur Bandung-Garut itu rawan banjir. Salah satunya di kawasan Pasawahan, Tarogong. Sementara jalur yang menuju Garut selatan, rawan longsor. Kami mengimbau agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam hal kebencanaan pada pengamanan libur panjang Idul Adha, pihak Polres Garut telah berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut. Personel dari Satlantas Polres Garut yang disiagakan dalam pengamanan libur panjang ini adalah sebanyak 70 orang.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang