Gambar dokumen, foto istimewa

Gambar dokumen, foto istimewa

Gapura Garut ,- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Barat memperlopori penanaman pohon yang dipusatkan  disalah satu hulu Sungai Cimanuk, teppatnya diwilayah Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut.

Kegiatan untuk mengembalikan kelestarian hutan itu wilayah hulu sungai Cimanuk tersebut dilakukan diantaranya sekitar aliran Sungai Cikeruh, Kampung Pelag, Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Minggu (9/10/2016).

Menurut Deni Ahmad Haidar Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa, peristiwa banjir bandang yang melanda Garut akibat lupan suangai Cimanuk beberapa waktu lalu merupakan dampak dari kerusakan lingkungan. Berkurangnya daya serap hutan di kawasan hulu, membuat air tidak tertampung dan berakibat banjir bandang.

“Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan memelihara alam,” kata Deni, di sela-sela kegiatan penanaman pohon, Minggu (9/10/2016).

Program reboisasi yang digagap PW GP Ansor Jawa Barat bekerja sama dengan Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Garut, sedikitnya berhasil menanam 99.000 batang bibit pohon endemik hutan seperti pohon akasia mangium, borneo, albasia dan suren.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Garut Subhan Fahmi mengatakan, selain di Sukaresmi, GP Ansor  juga menggelar kegiatan serupa di lima kecamatan lain wilayah Kabupaten Garut.

“Titik-titik lokasi penanaman pohon diutamakan untuk wilayah yang menjadi kawasan anak Sungai Cimanuk, di mana airnya mengalir ke Cimanuk pada daerah hilir. Sebelum di Sukaresmi, GP Ansor juga sudah menanam pohon di Kecamatan Cikajang dan Pasirwangi. Nanti kami akan menanam pohon di tiga kecamatan lain seperti Kecamatan Bayongbong, Cisurupan dan Cigedug,”ungkapnya.

Di Kampung Pelag, Kecamatan Sukaresmi, kata Subhan pihaknya menanam bibit pohon sebanyak  16.500 batang. Sebelum mencapai Sungai Cimanuk, aliran Sungai Cikeruh dari kawasan ini mengalir terlebih dahulu ke aliran Sungai Cikamiri.

“Sungai Cikeruh merupakan satu dari enam titik aliran penyuplai Sungai Cimanuk, yang kawasan hulunya menjadi target kami dalam pengembalian fungsi hutan,” ucapnya.

Subhan menambahkan kegiatan penanaman pohon tersebut bukan satu-satunya upaya GP Ansor dalam menanggulangi bencana banjir bandang Garut beberapa waktu lalu. Pada masa tanggap darurat bencana, GP Ansor telah mengerahkan anggotanya untuk menjadi relawan.

“Saat itu kami juga mendirikan posko bencana banjir bandang, untuk menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini menjadi salah satu agenda penting, dalam rangkaian Konferensi Wilayah Nahdatul Ulama (NU) ke-17, yang akan digelar di Pondok Pesantren Fauzan 1, Kecamatan Sukaresmi, tanggal 10-11 Oktober 2016.

“Kami berkomitmen untuk memperbaiki lingkungan. Kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin, bukan hanya karena ada bencana Garut saja,”Tandas Subhan.***Bro

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com