Petugas Fogging berfoto bersama H. Rustandie usai menyemprot lingkungan perumahan warga, foto Deni

Petugas Fogging berfoto bersama H. Rustandie usai menyemprot lingkungan perumahan warga, foto Deni

Gapura Purwakarta ,- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Dewan Pipinan Daerah (DPD) Kabupaten  Purwakarta, mengambil langkah cepat menyusul  permohonan sejumlah warga di Perumahan Bumi Jaya Indah (Perum BJI) untuk dilakukan fogging (pengasapan) terkait ditemukannya 5 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menimpa warga dalam dua pekan terakhir.

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Purwakarta, H Rustandie mengakui pihaknya  segera berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, termasuk Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asri Purwakarta, untuk mengirimkan Tim Relawan Fogging Baraya Rustandie ke lokasi tersebut.

“Hari ini kita menggelar baksos berupa penyemprotan fogging gratis di Blok AC RT55/RW04 Perumahan Bumi Jaya Indah, Kelurahan Munjul Jaya, Purwakarta. Seiring dengan datangnya musim hujan yang terus menerus, maka potensi DBD semakin bertambah,” Kata Rustandie yang juga  sebagai anggota Komisi V DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Nasdem, Minggu (9/10/2016).

Rustandie mengingatkan, Pemerintah Daerah Purwakarta, dalam hal ini Dinas Kesehatan, harus segera mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi DBD.

“Fogging ini merupakan langkah pemberantasan nyamuk bukan upaya pencegahan. Adapun upaya pencegahan terhadap kasus DBD adalah dengan melaksanakan 3M (Menguras, Menutup, Mengubur),”ungkapnya.

Dinas Kesehatan, lanjut Rustandie harus segera proaktif memberikan imbauan dan mengedukasi warga secara terus menerus untuk menjaga kebersihan lingkungan, termasuk mengubah gaya hidup menjadi lebih bersih dan lebih baik.

“Penanggulangan awal menyebarnya nyamuk aedes aegepty penyebab DBD adalah melalui fogging. Karena itu, ketika menerima permohonan dari masyarakat untuk menggelar fogging gratis, Nasdem langsung tanggap dan memberikan bantuan. Namun ini hanya langkah solutif sementara saja, bukan preventif. Karena itu tetap peran utama Dinas Kesehatan di masyarakat sangat dibutuhkan,” Tuturnya.

Menurutnya kasus DBD akan semakin banyak ditemukan di musim penghujan ini. “Karena itu langkah yang paling tepat adalah langkah preventif, salah satunya melalui gerakan 3M.”ucapnya.

Rustandie menambahkan apabila masih ada permohonan dari daerah lain untuk dilakukan fogging pihaknya segera menindaklanjuti.

“NasDem siap dan akan menindaklanjutinya dengan segera. Langsung saja koordinasi, akan kita ambil langkah nyata, cepat, harus bisa, dan segera.”Tukasnya.

Sementara itu Ketua RT 55/RW04 Ade Kusnandar saat ditemui usaia kegatan fogging tersebut menyebutkan, tercatat sudah ada 5 kasus DBD yang menimpa warganya dalam dua minggu terakhir.

“Alhamdulillah H Rustandie cepat tanggap dengan permohonan kami. Buktinya, selang beberapa hari setelah permohonan, Tim Relawan Fogging Baraya Rustandie segera tiba dan secara merata melakukan penyemprotan lokasi-lokasi yang berpotensi sebagai sarang nyamuk,” Sebutnya.***Deni

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com