kpud garut
SOSIAL POLITIK

Bersama Pemda, KPU Garut Telah Menghitung Ulang Anggaran Pilkada 2018

kpud garut
Papan nama Kantor KPU Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut terus menggodok dan mematangkan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Garut tahun 2018 mendatang. Pihak KPU dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Garut  mengadakan rapat pembahasan untuk menghitung jumlah kebutuhan anggaran Pilkada 2018 tersebut.

Hilwan Fanaqi Ketua KPU Kabupaten Garut menjelaskan dari hasil rapat tersebut pihaknya telah mendapatkan gambaran pembiayaan bersama oleh pihak Pemerintah Provinsi melalui KPU Provinsi Jawa Barat dimana ada item yang seluruhnya di biayai oleh KPU Provinsi seperti honor PPK dan PPS serta ada juga pembiyaan yang sifatnya pembiayaan bersama seperti perjalanan dinas.

“Selebihnya untuk item yang belum di sediakan oleh provinsi dan yang belum mencukupi maka menjadi beban Pemda Kabupaten Garut yang angkanya di kisaran Rp.57,9 milyar,”Kata Hilwan, Selasa (1/11/2016).

Hilwan menyebutkan nilai Rp.96 milyar adalah angka yang diajukan pihaknya ke Pemda Garut  setelah sebelumnya melakukan perhitungan dengan pendanaan provinsi.

“Maka ketemu angka di kisaran Rp.57,9 milyar untuk kebutuhan Pilkada sehingga ada efisiensi anggaran kurang lebih 40 milyar dari total biaya yang di butuhkan,” ungkapnya.

Hilwan juga menambahkan ada kesepakatan yang dibangun sebagai kesepakatan bersama bahwa pada prinsipnya tidak menyoroti besaran angka tapi fokus pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam hal ini setiap item harus jelas apa yang menjadi dasar hukumnya sehingga sifatnya tidak abu-abu.

“KPU mengapresiasi kesiapan TAPD yang sudah siap sedia melakukan pembahasan anggaran dan ini akan berlanjut pada pertemuan-pertemuan berikutnya,” katanya.

Pihak eksekutif juga meminta kepada KPU lanjut Hilwan agar menyampaikan rincian kebutuhan anggaran yang di gunakan pada tahun 2017 karena memang tahun depan sudah mulai tahapan Pilkada seperti pembentukan PPK maupun PPS.

“untuk kebutuhan anggaran di tahun 2017 kita akan menghitung terlebih dahulu,” Tukasnya.***Marnoto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *