Dandim-0611-Garut-Setyo-Hani-300x218 SOSIAL POLITIK  Intensitas Hujan Masih Tinggi, Dandim Garut Siagakan Anggotanya

Dandim 0611 Garut Letkol Arm Setyo Hani Susanto, foto dok

Gapura Garut ,- Kodim 0611 Garut telah menyiagakan seluruh anggotanya di seluruh wilayah teritorial selama musim hujan ini untuk  mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam yang mengancam menyusul intensitas curah hujan masih tinggi diseluruh wilayah Kabupaten Garut.

Dandim 0611 Garut, Letkol Arm Setyo Hani Susanto menegaskan selama musim hujan ini ancaman bencana alam di Garut masih sangat tinggi seperti ancaman bencaba banjir, longsor, pergerakan tanah, juga gempa bumi yang setiap waktu bisa mengancam keselamatan warga.

“Adanya potensi ini, sudah menjadi kewajiban kita sebagai aparat TNI yang memiliki kewajiban melaksanakan tugas selain perang untuk mengantisipasi semua itu. Saya sudah memerintahkan seluruh jajaran untuk senantiasa siaga dan waspada dengan melakukan pemantauan wilayahnya, khususnya Babinsa yang berada di daerah,”Kata Dandim Setyo Hani Susanto, Kamis (3/11/2016).

Setyo mengakui hingga awal Nopember 2016 ini sudah terjadi sejumlah bencana yang di beberapa lokasi, mulai banjir hingga longsor. Dengan kesiagaan dan kesigapan anggotanya, Ia berharap dapat  melakukan deteksi hingga aksi di lapangan agar bisa mengurangi dampaknya terhadap warga masyarakat.

“Seperti bencana yang terjadi bulan kemarin, contohnya longsor yang terjadi di jalan raya Banjarwangi-Cikajang, saat mengetahui adanya kejadian anggota langsung terjun ke lapangan untuk melakukan upaya pembukaan jalur secara manual bersama warga. Hal lainnya yang dilakukan adalah deteksi dini bencana, seperti saat hujan turun dengan intensitas tinggi, anggota kita diarahkan agar langsung mengingatkan warga yang tinggal di lokasi membahayakan agar mencari lokasi yang aman,”ungkapnya.

Kesiapsiagaan yang dilakukan anggotanya Lanjut Dandim, diharapkan kejadian seperti banjir bandang yang menerjang dan menelan banyak korban bisa diminimalisasi.

“Selama ini ia pun kami terus berkoordinasi dengan Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut terkait lokasi-lokasi yang yang rawan terjadi bencana di Garut. Kita Tahu bahwa segala potensi bencana ini  ada di Garut terutama saat musim hujan seperti ini,” Tukasnya.***Margogo

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang