IMG-20161109-WA0029-300x169 SOSIAL POLITIK  Curah Hujan Masih Tinggi, Dinas Bina Marga Garut Masih Siagakan Alat Berat

lokasi bencana di Kecamatan Bungbulang Garut selatan, foto dok

Gapura Garut ,- Dinas Binamarga Kabupaten Garut hingga kini masih terus  menyiagakan sejumlah alat berat dengan para pegawainya untuk selalu menginformasikan dan bergerak cepat jika ada hal-hal yang tidak di inginkan disepanjang   jalur rawan longsor.

Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Garut, Eded mengatakan  ancaman bencana longsor di musim penghujan cukup tinggi sehingga pihaknya harus melakukan upaya antisipasi dengan menyiapkan  alat berat  yang sebagian besar berada di workshop yang posisinya di tengah tengah sehingga bisa menjangkau dua lokasi berbeda seperti di kawasan selatan dan utara.

“Alat berat kita simpan di workshop yang posisinya di tengah-tengah dan bisa menjangkau  dua lokasi utara dan selatan. Selain  itu alat berat yang kita miliki juga  terbatas jadi harus melakukan pengerjaannya secara efektif dan efisien,”  Kata Eded kepada wartawan, Rabu (7/12/2016).

Menurut Eded lokasi yang paling rawan terjadi longsor  berada daerah selatan, sehingga  pihaknya  menyiagakan anak buahnya dan mengingatkan apabila ada kejadian langsung melaporkan juga melakukan tindakan.

“Beberapa titik rawan longsor berada  di  jalur Bungbulang-Caringin, Bungbulang-Cijayana, Pamegatan, Singajaya, hingga Toblong jika hujan turun mengguyur sering terjadi longsor dari tebing jalan sehinga menutup akses,”ungkapnya.

Eded menambahkan  kerusakan-kerusakan infrastruktur jalan yang terjadi akibat bencana alam di beb‎erapa titik akan dilakukan perbaikan di tahun 2017 mendatang dan saat ini pihaknya sudah menghitung untuk kemudian dianggarkan.

“Sekarang untuk perbaikan pada masa tanggap darurat seperti pada jembatan sudah selesai dilakukan dengan menggunakan bailey sehingga bisa dilewati motor, di Mekarmukti malah sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. Kita memang memiliki jembatan bailey 33 meter dan beberapa strip digunakan, jadi masih ada sisa jika kemudian ada hal-hal yang tidak di inginkan terjadi, semoga  tidak ada kejadian lagi,” Imbuhnya.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang