Sekda-Garut-Iman-Alirahman.-300x225 SOSIAL POLITIK  Total PAD Garut Baru Sekitar 10 Persen dari Nilai APBD Garut

Sekda Garut Iman Alirahman, foto istimewa

Gapura Garut ,- Sekretaris Derah (Sekda) Kabupaten Garut Iman Alirahman berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD)  mampu dioptimalkan untuk menopang anggaran APBD yang kini mengalami kendala akibat adanya penundaan sebagain dana APBD oleh pemerintah pusat.

Menurut Iman upaya peningkatan  PAD Garut dari berbagai sektor secara maksimal akan dapat menutupi kebutuhan-kebutuhan alokasi anggaran sehingga dapat mengimbangi terhadap keseluruhan APBD.

“Dana transfer pusat itu relatif akan diarahkan untuk kebutuhan pembangunan di sektor infratruktur sehingga hal-hal yang menyangkut kebutuhan rutin pemkab Garut bisa didanai  dari PAD,  dengan begitu ada keseimbangan antara dana PAD terhadap total pendapatan APBD, Kata Iman kepada wartawan, Rabu (21/12/2016).

Iman mengakui total PAD Garut selama ini masih dibawah 10 persen dari total APBD yaitu sekitar 450 miliar dari 3,6 triliun nilai total APBD Garut.

“Sementara dari 450 miliar PAD, sekitar 100 miliar diantaranya pendapatan dari retribusi parkir dan pasar yang juga masih relatif kecil jika dibandingkan dengan potensinya jika terus digenjot dan dimaksimalkan,” Ungkapya.

Iman juga menambahkan pihaknya akan terus membenahi sektor keuangan yang bersumber dari PAD, termasuk akan menggenjot pendapatan dari retribusi yang setiap tahunnya tidak pernah mengalami peningkatan karena banyak kendala.

“Alasannya berbagai persolan tekhnis dari mulai pengaturan atau regulasi hingga keterbatasan Sumber Daya Manusianya, itu semua harus segera diperbaiki,”Tandasnya.***Irwan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang