wp-1485040429022 SOSIAL POLITIK  Oni SOS: Diky Chandra Sosok Cerdas Kreatif, Inovatif dan Menginsfirasi

Gapura Kota Tasikmalaya,-  Calon Wali Kota Tasikmalaya Nomor Urut 1 Dicky Candra menjawab komitmennya sebagai sosok yang sangat bangga saat mengenakan iket sunda sebagai bentuk menjaga warisan leluhur.

Dicky didampingi Anggota DPD RI Oni Suwarman atau Oni SOS  meluncurkan  iket Sunda Tasikmalaya atau ikat kepala khas Sunda di Kampung Parakannyasag Indihiang Kota Tasikmalaya, Sabtu (21/1/2017).

Diky berhasil membuat motif ikut sunda dengan pendekatan kearifan lokal Kota Tasik malaya dimana motif menjadi simbol dan filosofi keunggulan Kota.

” iket ini terinspirasi dari masyarakat adat Baduy di Banten dengan motif dan warna yang khas. Sedangkan iket Tasikmalaya dibuat dengan motif Payung Geulis, Kujang, dan Kelom Geulis, yang menyampaikan nilai filosopis didalamnya, sehingga iket tersebut benar-benar mencerminkan masyarakat Tasikmalaya dan menjadi tren serta menumbuhkan industri kreatif baru”,Ungkap Diky menjelaskan

Menurutnya Payung geulis digambarkannya jika setiap manusia harus memiliki papayung atau yang menjadi panutan seperti agama yang mengatur kehidupannya, ditambah pemimpin yang akan diikutinya. 

“Kemudian kujang berarti senjata, alat pertanian, menggambarkan jika orang sunda tidak boleh malas dan harus punya pekerjaan, lalu terakhir kelom geulis yang menggambarkan alas mengartikan masyarakat Tasikmalaya yang sukses diluar jangan lupa dengan tanah air tanah kelahirannya”, paparnya.

Diky mengatakan ia telah memproduksi 200 pcs untuk sementara serta dipersilahkan bebas kepada siapapun untuk memproduksinya untuk memperbanyak.

“Namun yang pasti nilai filosopisnya ada dan bisa menjadi salah satu industri kreatif disini. Kemudian warna saat ini lebih dominan hijau, karena berdasarkan survei juga warga Tasikmalaya lebih menyukai warna hijau ini. Padahal saya bebaskan kalau urusan warna mau dipilih manapun,” Paparnta.

Sementara itu, Oni SOS memberikan apresiasinya dengan kreatifitas dan inovasi seniornya didunia seni tersebur.

“Aa memang orang yang sangat kreatif dan inovatif ide dan gagasannya selalu menginsfirasi daru dulu juga,”ucap Oni memuji komitmen Diky Chandra yang sangat idealis.

Lanjut Oni, kampanye yang dibuat Dicky Candra juga  sangat kreatif namun justru berkesan di hati masyarakat yang didatanginya. 

“Kemudian iket ini yang menjadi ciri khasnya menggambarkan jika dirinya memang sangat cinta tanah kelahirannya, hingga dibuktikan dengan munculnya iket Tasikmalaya. Saya sangat bangga mengenakannya serta jadi pelajaran berharga bagi saya untuk menggelar kampanye yang mendidik dan kreatif,” Tandas Oni.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang