DSCN0290-300x274 SOSIAL POLITIK  Dinas Pertanian Garut Bagikan Racun Pembasmi Hama Tanaman Padi

Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Garut saat membagikan obat pembasmi hama tanaman padi, foto Kus

Gapura Garut ,- Petugas Fungsional Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan ( POTP) dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut,   Tatang Yusup Darmawan telah memberikan racun hama wereng cokelat yang selama ini meruskan tanaman padi warga di Kecamatan Kadungora, Garut.

Produk pembasmi hama wereng tersebut secara gratis dibagikan bagi para petani untuk mengatasi serangan hama wereng pada tana tanaman padi seluas 40 hektar.

“Ini kami berikan kepada para petani yang  padinya  terkena hama wereng,  racun ini pemberian dari  Dinas Provinsi Jawa Barat melalui BPTPH Jawa Barat secara gratis,” Kata Tatang, Rabu (24/1/2017).

Racun pembasmi hama wereng cokelat tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Desa Cikembulan,  Didik Herdiana mewakili para petani yang selama ini mengeluhkan rusaknya tanaman padi akibat serangan hama wereng.

Menurut Tatang , penyebab serangan hama wereng coklat diduga akibat tidak adanya keseragaman pola  penananam padi  dikawasan ersebut,  sehingga menyulitkan untuk membasmi saat serangan hama wereng cokelat ini menghabiskan tanaman padi para petani.

“Kami menghibau kepada petani harus hati hati karena serangan hama wereng bisa terjadi pada musim tanam berikutnya, untuk itu petani diminta membakar jeraminya usai panen,” Ucap Tatang.

Cara tersebut lanjut Tatang sebagai salah satu cara untuk menghilangan hawa pada tanaman padi yang telah terserang hama wereng agar tidak kembali mewabah.

“Itu salah satu upaya  untuk memutus mata rantai serangan hama wereng cokelat pada tanaman padi,” Tandasnya.***KusKus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang