deklarasi-ODF-300x200 SOSIAL POLITIK  Garut Gencar Entaskan Prilaku Hidup Tidak Sehat

Deklarasi ODF di Kabupaten Garut terus gencar untuk pengentasan prilaku hidup tidak sehat, foto Yanshums

Gapura Garut ,- Bupati Rudy Gunawan terus menggulirkan program pengentasan prilaku tidak sehat masyarakat. Salah satunya adalah dengan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Guna memaksimalkan program tersebut Bupati Rudy melakukan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) di Lapang Kaak Desa Sukanegla Kecamata Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (10/02/2017).

Dalam kesempatan tersebut Rudy  mengapresiasi terhadap jerih payah para aparatur Puskesmas Pasundan pihak Kelurahan dan Kecamatan yang telah berhasil menggerakan masyarakat, sehingga bisa meninggalkan kebiasaan buruk BAB (Buang Air Besar) sembarangan.

Meski terlihat sepele  kata Rudy  masalah BAB tersebut merupakan hal penting karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat.

“Saya mempunyai perhatian khusus pada ODF atau menjaga melaksanakan kehidupan yang sehat. Jadi ini bukan hanya kewajiban pemerintah tetapi kewajiban seluruh masyarakat. Karenanya kita akan mendorong program STBM Sanitasi Total berbasis Masyarakat. Pemerintah hanya memberikan pemicu sarana dan prasarana semuanya ditentukan oleh masyarakat sendiri,”Ujar  Rudy Gunawan kepada wartawan, Jumat (10/2/2017).

Mengamini pernyataan  Bupati, Camat Garut Kota Bambang Hafidz mengatakan  masalah sanitasi ini bukan hanya menyangkut sarana dan prasarana tetapi masalah kebiasaan. Karenanya ia mengapresiasi semangat masyarakat yang juga ingin berubah sehingga bisa mengupayakan ODF secara swadaya.

“masyarakat begitu antusias berswadaya untuk menggali dan menyediakan sefty tank untuk merobohkan dan menghilangkan pacilingan-pacilingan yang ada. Dan itu bukan hal yang mudah karena itu bukan hanya menyangkut prasaran tetapi menyagkut prilaku. tetapi sekarang masyarakat sSukanegla berkomitmen untuk tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,” papar Camat.

Deklarasi ODF ini juga mendapat respon postif dari masyarkat, salah satunya Ishak. Menurutnya dengan adanya program ini masyarakat yang semula BAB di selokan atau di kebun sekarang sudah mulai berubah. “Sekarang hampir semua rumah warga di RT saya sudah memiliki sefty tank. Kalau dulu untuk BAB masih di selokan. Alhamdulillah sekarang setelah ada program dari Bupati dan setelah diarahkan oleh Puskesmas semua sudah memiliki Septic tank,” Ujar Ishak ketika di sela-sela acara.

Bupati kerap mengucapkan, akan memfungsionalkan pejabat yang tidak peduli terhadap program desa ODF. Untuk itu ia berharap agar program ini berjalan, selain untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat, juga untuk mewujudkan Garut Sehat dan desa yang bebas buang air besar sembarangan.

Sebagaimana diketahui untuk tahun 2017 Kabupaten Garut menargetkan 300 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Garut dinyatakan desa ODF.***Yanshums

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang