DSC_0148-300x200 SOSIAL POLITIK  Mensos Kucurkan Bantuan Pemulihan Korban Banjir 1,5 M di Kabupaten Garut

Mensos Khofifah Indar Parawnasa saat menyerahkan bantuan pemulihan bagi Korban Banjir Garut, foto yanshums

 

Gapura Garut ,- Menteri Sosila Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa kembali menyerahkan sejumlah bantuan pemulihan pascabencana alam banjir dan pergerakan tanah di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sedikitnya sekitar1.724 jiwa warga korban bencana di Garut memperoleh program jaminan hidup dari Kementerian Sosial.

Penyerahan bantuna langsung oleh Menteri Khofifah di Panti Sosial Tresna Werdha, Jalan RSU Kabupaten Garut, Sabtu (4/3/2017). Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Bupati Garut Rudy Gunawan dan sejumlah pejabat terkait lainnya dan para tokoh masyarakat.

Menteri Khofifah mengatakan,  program jaminan hidup yang ia berikan berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 04 Tahun 2015 yang  diberikan kepada keluarga yang rumahnya rusak berat. Melalui Kementerian Sosial pemerintah mengucurkan bantuan jaminan hidup, santunan bagi ahli waris, dan stimulan bahan bangunan rumah bagi korban banjir bandang di Kecamatan Garut Kota dan Tarogong Kidul serta pergerakan tanah di Kecamatan Cisompet.

“Rata-rata para korban mendapatkan bantuan jaminan hidup sebesar Rp 10 ribu per hari selama 90 hari atau senilai Rp 900 ribu dengan total seluruhnya Rp 1,551 miliar”, Kata Khofifat kepada wartawan dilokasi penyerahan.

Jaminan hidup lanjut Khofifah  diberikan satu kali dimana pencairannya dilakukan setelah masa tanggap darurat selesai. “Jaminan hidup yang diberikan setidaknya dapat membantu serta mengurangi beban kehidupan sehari-hari selama masa pemulihan pascabencana. Saya turut merasakan apa yang dirasakan bapak, ibu semua, semoga kejadian seperti ini tidak berulang kembali,”ungkapnya.

Dilokasi terpisah Mensos juga menyalurkan langsung santunan bagi ahliwaris korban meninggal dunia akibat banjir bandang Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut. Uang santunan itu diberikan kepada keluarga korban sebanyak 14 orang masing-masing mendapatkan Rp 15 juta per orang.

Penyerahan dilaksanakan pada acara penyaluran bantuan non tunai di Lapang Paris, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.***Yanshums

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang