SOSIAL POLITIK

Wabup Garut Meminta Para Pejabat PPID Tingkatkan Pelayanan Informasi

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat membka workshor PPID, foto Yanshums

Gapura Garut ,- Wakil Bupati Helmi Budiman mengingatkan kepada para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) agar  tetap berpedoman pada  5  azas, yaitu: transparansi, akuntabilitas,kondisonal, partispatif, kesamaan hak tidak diskriminatif, serta keseimbangan hak dan kewajiban.

“Hal tersebut menjadi landasan bagi setiap badan publik dalam melayani masyarakat yang membutuhkan informasi,” Kata Helmi Budiman saat membuka Workshop Keterbukaan Informasi Publik yang digagas Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, di Aula Green Patriot, Jalan Raya Cipanas Garut, Selasa (25/4/2017)

Menurut Helmi, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan keterbukaan informasi, masyarakat menjadi lebih aktif dan turut serta dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan.

“Inilah yang menjadi dasar bahwa pejabat pengelola informasi dan dokumentasi harus mampu untuk  menyediakan informasi yang diminta oleh masyarakat”, tegasnya dihadapan 76 pejabat PPID dari SKPD dan kecamatan.

Meski demikian Wabup mengingatkan, jika  penyelenggaraan pemerintahan tidak terbuka (transparan) dan PPID tidak terbentuk, maka bisa menimbulkan terjadinya korupsi politik dan penyalahgunaan jabatan publik untuk keuntungan pribadi dan kelompok.

“Maka sangatlah  penting kiranya pemerintah memberikan transparansi terhadap semua kegiatan dan programnya, disamping itu pembentukan PPID dalam mengawasi jalannya transparansi merupakan salah satu konsekwensi dan alternatif guna mensukseskan dan mewujudkan pemerintahan yang baik pada masa mendatang,”Tuturnya.

Sementara itu Workshop tersebut menghadirkan para narasumber, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat H. Haris Yuliana, Ketua Komisi I DPRD Jabar, Ganiwati, SH., MM, Komisioner KIP Jawa Barat Ijang Faisal, dan Direktur Petani Center Entang Sastraatmaja.***Yanshums

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *