Gapura Garut , – Dewan pengurus pusat partai persatuan pembangunan (DPP PPP) mempertimbangkan memajukan Walikota Bandung Ridwan Kamil sebagai salah satu bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada pilkada Jawa Barat 2018 mendatang.

Ketua umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy mengatakan, untuk penentuan bakal calon yang akan diusung, lembaganya hingga kini masih mencermati dinamika politik yang berkembang di Jawa Barat.

“Memang kita tengah menimang nimang beberapa calon, termasuk juga survei politik, mengenai elektabilitas, popularitas, saya ngajak pak Emil (Ridwan Kamil), pak Uu (Uu Ruzhanul Ulum) dan pak Asep (Asep Maosul),” ujarnya dalam safari Ramadan di kantor DPC PPP Garut, Sabtu (03/06/2017).

Sebagai pemegang suara terbanyak dalam peta politik di Indonesia, posisi Jawa Barat sangat strategis dalam menentukan arah politik nasional. Sehingga partainya menyiapkan banyak calon yang akan digodok agar mendapatkan hasil yang diharapkan. “Kenapa begitu banyak, karena ingin mereka menjadi pemenang, baik gubernur ataupun wakilnya,” ujar dia.

Saat ditanya mengenai peluang Emil fiusung partainya, Romy sapaan ketua umum partai kabah itu mengatakan, hingga kini elektabilitas dan popularitas Walikota Bandung itu terbilang tinggi. “Soal siapanya (mewakili PPP) saya tidak akan sebutkan saat ini, minggu depan kita akan buka pendaftaran calon,” kata dia.

Selama ini Jawa Barat ujar dia, masih menjadi salah satu lumbung suara nasional bagi partai kabah tersebut. “Keinginan kita menjadi tiga nasional, namun khusus Garut tidak berlaku target nasional, tapi Garut harus menjadi pemenang mayoritas,” ujar dia.

Untuk mendukung itu, lembaganya tengah menyiapkan kader partai sebanyak mungkin dalam menghadapi pemilihan legislatif 2019 mendatang. “Ingat eksistensi PPP di Jabar ini sangat diperhitungkan kawan maupun lawan,” ujar dia.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengakui hingga kini belum mencapai final mengenai rencana dukungan Partai Kabah tersebut. “Istilahnya masih proses pacaran, masih jauh lah, orang mendukung kan bukan berarti harus ada nama,” ujar dia.

Untuk menuju pilkada Jabar tahun depan, dirinya terus melihat perkembangan konstalasi politik di Jawa Barat sambil mencari dukungan untuk bertarung di Pilkada Jabar tahun depan. “Ya masih tahap komunikasi, cuma memang ada yang responnya cepat seperti pak Romy (DPP PPP), sementara yang lain masih belum,” ujarnya.

Emil panggilan akrab Ridwan Kamil, mengakui kedatangannya ke Garut saat ini, sengaja untuk mendengar aspirasi warga mengenai rencana pencalonannya untuk maju di Pilkada Jabar tahun depan. “Kebetulan saya hanya punya waktu akhir pekan untuk mendengar aspirasi masyarakat di Jabar, dan ini ada undangan dari DPC PPP Garut,” kata dia.

Saat ditanya mengenai rencana mendaftar lewat jalur PPP, dengan sigap ia langsung mengiyakan. “Ya tentu saya akan ambil formulir,” kata dia sambil menunggu pinangan partai lainnya yang menjagokan dirinya pada pilkada Jabar 2018 mendatang itu.***JSN

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang