IMG_20170525_145240-248x300 SOSIAL POLITIK  79 Calon Kades Terpilih Pada Pilkades Serentak 2017 Dilantik Pekan Ini

Yeyen Suparman Pemenang Pilkades Cipancar Kecamatan Leles, foto dok

Gapura Garut ,- Sebanyak 79 Kepala Desa se Kabupaten Garut hasil pemilihab Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 22 Mei 2017, segera akan dilakukan proses  pelantikan yang akan dilaksanakan pada Kamis 15 Juni 2017 mendatang di Gedung Pendopo Kabupaten Garut  secara serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jatjat Darajat, mengatakan pihaknya telah mengajukan pelaksanaan  pelantikan kepada Bupati Garut.

“Secara administrasi ke-79 Calon Kepala Desa terpilih sudah sesuai dengan tahapan, dimana mereka  terpilih berdasarkan hasil Pilkades serentak pada tahun 2017.Proses pengajuan pelantikan sudah dilakukan serta sesuai dengan tahapan Pilkades, mereka akan dilantik oleh Bupati Garut,”Kata Jatjat kepada wartawan, Jumat (9/6/2017).

Terkait adanya pengaduan dari Calon Kepala Desa yang tidak terpilih, ungkap Jatjat jika nantinya setelah proses pelantikan ada yang melakukan gugatan PTUN hal itu  boleh boleh saja tidak ada pelarangan. “Soal itu merupakan hak bagi setiap warga negara, termasuk Calon Kepala Desa,”ucapnya.

Jatjat menegaskan persentase jumlah partisipasi yang memberikan  hak pilihnya pada Pilkades serentak  dari 79 Desa yang menggelar Pilkades, mencapai lebih dari 65%. “Prosentasi itu sudah cukup baik, dengan persentase partisipasinya lebih dari 65%,”Imbuhnya.

Sejauh ini diakui Jatjat, banyaknya persoalan yang muncul pasca Pilkades serentak, seperti banyaknya permintaan audensi ke Gedung DPRD,  sebagai sebuah hal yang wajar.

“Semuanya masih wajar wajar saja, yang jelas dalam proses Pilkades, seluruh panitia telah menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang ada,”Tuturnya.***Kus Kus Markuseu

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang