SOSIAL POLITIK

Balon Gubernur Jabar Agung Suryamal Luncurkan Platform Digital

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Agung Suryamal, foto Istimewa

 

Gapura Bandung ,- Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Agung Suryamal turut prihatin dan menyampaikan rasa duka mendalam dan berharap keluarga korban dapat kuat dan tabah.

Hal tersebut disampaikan Agung terkait kasus kekerasan  terhadap anak yang menimpa dua orang remaja putri yang ditemukan tewas bersimbah darah akibat kekerasan seksual di Tasikmalaya belum lama ini.

Beruntung, kata Agung pihak kepolisian berhasil meringkus pelaku dalam waktu singkat setelah mendapatkan petunjuk dari salah satu korban yang ditemukan selamat luput dari maut meski telah bersimbah darah.

“Saya turut berbelasungkawa atas kejadian yang menimpa anak- anak tercinta ini, kita doakan agar almarhumah WF tenang disisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan dapat kuat,  dan tabah. Sementara bagi korban yang selamat semoga lekas pulih, dan bisa segera mendapat treatment pasca trauma,” ungkap Agung di Bandung.

Menurut Agung anak-anak merupakan golongan paling rawan mengalami kekerasan yang dilakukan orang dewasa atau yang lebih kuat. Oleh karena itu, Agung menyatakan gagasan untuk membuat sebuah platform khusus yang berfungsi untuk mengawasi anak- anak saat tidak berada di rumah, atau jauh dari pantauan orangtua.

“Kedepannya kami dari dunia usaha berencana untuk mendevelop sebuah platform digital yang dilengkapi dengan fitur- fitur khusus untuk mendeteksi keberadaan anak yang kebetulan sedang berada diluar pantauan orangtua. Platform ini sudah banyak digunakan di negara-negara maju dalam bentuk smartwatch,” ujar Agung.

Dengan bantuan aplikasi ini, orangtua dapat melacak lokasi anak- anak mereka selama beraktivitas lewat smartwatch. Selain itu, fitur ini juga dapat melakukan panggilan darurat, menerima pesan singkat, atau mengirimkan pesan suara.

“Ketika dalam keadaan bahaya, anak dapat mengirimkan pesan SOS ke orangtua melalui smartwatch yang mereka kenakan. Secara otomatis, orangtua akan menerima notifikasi bahwa anak berada dalam keadaan darurat, dan disertai pula dengan lokasi sang anak,” papar Agung.

Platform seperti ini dikatakan Agung sudah banyak dijual di pasaran hanya saja harganya cukup tinggi sehingga tidak semua masyarakat mampu untuk memiliki. Namun, Agung memastikan khusus bagi warga Jawa Barat dirinya akan menyediakan platform dengan biaya lebih rendah tanpa mengurangi fasilitas platform.

“Platform seperti ini nantinya akan dapat dimiliki oleh setiap warga di Jawa Barat. Diharapkan melalui pemanfaatan platform ini bisa memberantas kekerasan dan kriminalitas terhadap anak,” simpul Agung.

Perlu diketahui sebelumnya yang melatar belakagi keprihatinan Agung terhadap anak-anak karena di Jawa Barat sempat digemparkan oleh kejadian naas yang menimpa dua orang anak perempuan WF (10) dan ID (11). Keduanya ditemukan warga tergeletak bersimbah darah di bebatuan Sungai Ciloseh, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya Jawa Barat (30/6) lalu.

Nyawa salah satu korban yaitu WF tidak terselamatkan. Sementara ID yang ditemukan dengan posisi tertelungkup dengan balutan kaos putih berlumuran darah masih bisa diselamatkan. Menurut penyelidikan pihak kepolisian, diduga kuat korban WF sempat mengalami kekerasan seksual sebelum akhirnya tewas dengan luka parah di leher.***TGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *