SOSIAL POLITIK

BNPB Gelar Budaya Hibur Warga Korban Bencana Garut

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman bersama para pengis acara dan pemenang aneka lomba Gelar Bidaya BNPB, foto Yuyus

Gapura Garut ,- Ratusan warga hunian sementara (huntara) korban banjir bandang Garut September tahun lalu, mendapatkan hiburan dan traumahiling dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), di kawasan Islamic Center Kecamatan Garut Kota, Sabtu (29?7/2017

Budaya dan kesenian asli Garut, serta dari luar Garut, cukup menghibur warga huntara dan warga Gatut lainnya, yang sengaja hadir pada acara yang digelar siang dan malam hari itu.

Pemulihan secara psikis ini menurut Deputi Rehabilitasi  Sosial BNPB, Ir R Hutomo, M.Eng harus dilakukan, memgingat pemulihan psikis para korban banjir bandang tidak bisa satu atau dua minggu saja, melainkan harus berkelanjutan.

“Pemulihan sebenarnya merupakan stimulan dari pemerintah, khusunya dari BNPB,” kata Hutomo.

Menururnya, kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi sosial ini bukan hanya fisik saja. Ada juga kegiatan yang berkenaan dengan kegiatan sosial yang menyangkut pada psikis korban, ataupun penghuni huntara.

“Seperti kita ketahui, banyak masyarakat terdampak yang menunggu hunian tetapnya, yang masih tinggal dihunian sementara,” ucapnya.

Untuk menghindari kejenuhan dari masyarakat penghuni huntara, maka dikembalikan lagi kegiatan sosial masyarakat dengan berbagai kegiatan. “Kali ini sasaranya memang sosial yang dimana para penghuni huntara sangat butuh kegiatan yang berbasis hiburan,” cetusnya.

Masih menurutnya, targernya kegiatan sosial tersebut, adalah anak-anak dan balita yang juga terdampak. Karena anak-anak dan balita memiliki daya ingat yang kuat tentang bencana alam yang terjadi.

“Mereka itu yang paling terdampak secara psikologis, beberapa kegiatan berbasis psikologis sosial sudah dilakasanakan,” katanya.***(Yuyus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *