SOSIAL POLITIK

Gagal Kelola SDM, Kota Bekasi Terancam Kehilangan Identitas

Gapura Bekasi,-  Bakal calon Walikota Bekasi dari partai Gerindra, Anggawira menilai pemerintah kota Bekasi saat ini terkesan abai pada pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) sehingga “Kota Patriot” ini terancam kehilangan identitas karena pemerintah hanya terkonsentrasi mengejar pembangunan infrastruktur.

“Lambat laun kota Bekasi bisa kehilangan identitasnya bila tata kelola SDM kurang diperhatikan. Sebab dalam sebuah proses pembangunan aspek yang perlu kita fokuskan bukan hanya infrastruktur namun juga pengembangan SDM yang berkualitas,” ujar Anggawira di Bekasi, Rabu, (23/8).

Sebagai salah satu contoh, Anggawira menjelaskan perspektif pembangunan sektor pendidikan di kota Bekasi belum optimal. Padahal, pendidikan merupakan faktor penting dalam mencetak generasi muda yang berkualitas.

“Keseimbangan dalam program pembangunan seyogianya berjalan seirama agar masyarakat sebagai objek pembangunan yang berkelanjutan memiliki kualitas dan berintegritas,” imbuh Dosen pasca sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Islam Asyafiiyyah, tersebut.

Dirinya bahkan memandang kebijakan yang diterapkan oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengadopsi gaya pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sangat terkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur.

“Ya, mirip- mirip dengan gaya pak Ahok yang kurang memperhatikan tata kelola sumber daya manusia,” cetusnya.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua BPP HIMPI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) ini pun mengomentari pembangunan “hutan kota” tanpa menyeimbangkan dengan zona- zona hijau lingkungan, banjir yang hampir terjadi di setiap tahun, dan kemacetan di beberapa jalan protokol sehingga mempertontonkan kesemerawutan kota akibat dari kebijakan parsial Pemkot Bekasi.

“Kesemerawutan yang terjadi sekarang tentu merupakan salah satu dampak dari kebijakan parsial. Untuk itu, Bekasi perlu perbaikan, dan pemerataan pembangunan baik dari infrastruktur maupun masyarakatnya,” pungkas Anggawira.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *