SOSIAL POLITIK

Krisis Air Bersih, BPBD Banjar Distribusikan Air

Gapura Kota Banjar ,- Memasuki musim kemarau, kekeringan terus meluas melanda Kota Banjar, Jawa Barat. Hampir setiap hari warga harus antri menunggu pembagian air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar. Hal ini dikarenakan sumber mata air seperti sumur hingga dua bulan terakhir sudah mengering.

Seperti yang terjadi di Dusun Pengasinan RT 1/13, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Pagi tadi sekitar pukul 09.30 WIB, warga mengantri di halaman rumah ketua RW setempat untuk mendapatkan jatah air bersih dari pihak BPBD Kota Banjar.

“Pagi ini kami mengirim air bersih sebanyak 4000 liter untuk di dua RW di wilayah Desa Binangun,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Yayan Herdiaman

Selain sumur, musim kemarau juga membuat sungai Cise’el yang tidak jauh dari pemukiman warga mulai mengering. Warga berharap pemerintah bisa membuat sumur bor di wilayah tersebut.

“Sudah hampir dua bulan disini mengalami kekeringan, ada pun sumur warga namun airnya kuning dan sudah berbau. Kami memohon kepada pemerintah untuk dibuatkan sumur bor,” ujar Yoyoh (49) warga setempat.

Musim kemarau pun menyebabkan kekeringan di tiga kecamatan di Kota Banjar. Tidak hanya sumur warga, namun air di fasilitas ibadah seperti masjid mulai mengalami krisis air.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *