IMG-20170907-WA0003 SOSIAL POLITIK  Dinas Kominfo Garut Sosialisasikan Admin Lapor
Gapura Garut ,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar kegiatan Sosialisasi Admin Lapor (Layanan Aspirasi Online Rakyat) sebagai upaya pemerintah memberikan ruang partisipasi bagi masyarakat guna mengawasi pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik.

Kegiatan berlangsung di hotel Alamanda Kecamatan Tarogong Kaler Garut ,Rabu (6/9/2017).

Sosialisasi ini diperuntukkan bagi Admin LAPOR setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) undangan yang hadir kurang lebih 75 orang perwakilan dari setiap admin kecamatan dan Admin OPD yang mengikuti sosialasi saat ini.
Menurut Nurdin Yana Kadis Kominfo Kabupaten Garut, sistem LAPOR sudah dimulai awal tahun 2017 dan merupakan kabupaten yang terbilang masih dini menerapkannnya. 

“LAPOR! merupakan sarana pengaduan dan penyampaian aspirasi berbasis media sosial pertama di Indonesia sebagai sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang di kelola oleh Kantor Staf  Presiden (KSP). Hingga saat ini LAPOR terhubung dengan 81 Kementerian/Lembaga, 9 Pemerintah Provinsi, 5 Pemerintah Daerah, 70 BUMN di Indonesia dan 130 Perwakilan RI di Luar Negeri.”ungkap Nurdin.

Ia menegaskan sistem tersebut digunakan untuk mengimbangi masyarakat yang semakin maju cerdas dan kritis sehingga butuh pelayanan cepat.

“Ini upaya merespon aspirasi warga masyarakat agar lebih cepat,”ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Garut Helmi Nudiman mengatakan, program LAPOR sekiranya dapat memetakan setiap pengaduan masyarakat .

“Saya mengapresiasi  Pemerintah Pusat dan Diskominfo kabupaten Garut selaku pengelola program LAPOR agar dapat memetakan setiap laporan pengaduan dan aspirasi yang diterima sistem LAPOR, sehingga dapat dijadikan salah satu acuan dalam pengambilan keputusan ataupun kebijakan untuk pelaksanaan pembangunan kedepan,”ujarnya.

Menurut Helmi dengan admin LAPOR, semus OPD bisa bekerja secara maksimal untuk cepat dan tanggap menangani pengaduan dari masyarakat.***Yuyus

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang