IMG-20170908-WA0044-300x225 SOSIAL POLITIK  Duuh...!! Rumah Janda Ini Ambuk Nyaris Rata Dengan Tanah

Hanya menyisakan tiag tiangnya saja, rumah janda Marpuah ambruk, foto Yus

Gapura Garut ,- Malang benar  nasib Marpuah atau akrab dipanggil bu emar ini. Rumah petak yang dia tempati selama puluhan tahun tiba-tiba ambruk rata dengan tanah lantaran dimakan usia.

Rumah yang  terletak di Kampung Kopo, desa Cihuni Kabupaten Garut, Jawa Barat ini sebenarnya sempat direnovasi pada tahun 2000 silam, namun karena bahan bangunan yang digunakan semuanya merupakan bahan bangunan bekas, maka usianyapun tak mampu bertahan lama.

“Rumah saya pernah diperbaiki tahun 2000, karena rumah sebelumnya sudah rusak dimakan usia, namun mungkin karena bahan bangunannya bekas semua, makanya runtuh lagi, dulu saya dapat bahan bangunan ini dari memungut atau meminta dari warga sekitar, mulai dari bambu, genteng, dll,”Kata Marpuah yang merupakan janda dua anak ini.

Saat renovasipun, rumah ini dibangun secara gotong royong oleh warga, karena janda kelahiran tahun 1970 ini bekerja serabutan setiap harinya, kadang menjadi buruh tani disawah, atau sekedar bantu-bantu dirumah tetangganya yang kebetulan membutuhkan bahkan tak jarang dia harus menganggur lantaran tidak ada yang bersedia memberinya pekerjaan.

Tito Ariyanto, kepala dusun 3A yang mengetahui kejadian ini berharap, ada pihak yang bersedia membantu untuk membangun kembali rumah Marpuah tersebut karena kondisinya benar-benar memprihatikan. Beruntung saat ambruk bangunan rumah tersebut tidak memakan korban jiwa.

“Kejadian ini sudah saya laporkan ke pihak desa, namun saya juga berharap pihak pihak yang mengetahui kejadian ini bisa berupaya membantu, kasihan bu emar kerjanya serabutan, dan anak anaknya masih kecil, butuh tempat untuk berteduh,” ujarnya.

Saat rumahnya roboh, marpuah bersama kedua anaknya berhasil menyelamatkan diri sehingga terlepas dari ancaman tertimpa reruntuhan bangunan. “Untung saja mereka berhasil menyelamatkan diri saat bangunan mau ambruk,” ucap Tito bersyukur.

Sementara itu untuk kerugian akibat ambruknya bangunan rumah janda kurang mampu tersebut masih terus dihitung pihak terkait.***Yuyus

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang