wagub-blusukan-garut-300x204 SOSIAL POLITIK  Antisipasi Krisis Air, Wagub Jabar Himbau Kepala Daerah Suplai Air Bersih

Wagub Jabar Deddy Mizwar saat kunjungannya di Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar menyatakan kekeringan yang kini terjadi hampir merata di semua wilayah di Jawa Barat. Wagub  mengimbau ke setiap kepala daerah untuk menyuplai air bersih kepada warga guna menjaga krisis air bersih bagi warga.

“Daerah kekeringan nyaris semua di Jabar. Tingkat keparahannya berbeda-beda setiap daerah,” ujar Deddy saat berkunjung ke Garut, Rabu (20/9/2017).

Menurutnya setiap daerah yang kekeringan, harua segera ditangani. Minimal dengan menyuplai air bersih melalui tanki ke warga. “Semuanya harus siaga. Segera koordinasi jika kekurangan air bersih. Jangan sampai tidak ada air untuk minum,” ucapnya.

Deddy berharap pemerintah daerah cepat tanggap terhadap wilayah yang mengalami kekeringan. Jangan sampai ada warga yang meminum air kotor atau air limban karena kekeringan.

“Tidak baik untuk kesehatan (minum air limbah). Nanti kalau tidak ada air akan disuplai,” katanya.

Selain untuk air minum, suplai air juga harus diberikan kepada daerah pertanian. Jika tak ada air, maka tanaman akan gagal panen dan dampaknya terhadap petani.

Deddy menambahkan, kekeringan yang terjadi juga harus jadi pelajaran bagi semua pihak. Terutama untuk menjaga lingkungan. Mata air yang ada harus dijaga jangan sampai kering.

“Kekeringan kan karena daerah resapan air berkurang. Debit air turun saat kemarau. Air sungai juga kotor karena banyak yang buang sampah dan limbah,” ujarnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang